Pengaruh Pragelatinisasi Pati Biji Cempedak (Artocarpus Integer Merr.) Sebagai Superdisintegran Terhadap Waktu Hancur Tablet Odt Propanolol

Wibisono, Agung dan Gusmayadi, Inding dan Prisiska, Fahjar (2018) Pengaruh Pragelatinisasi Pati Biji Cempedak (Artocarpus Integer Merr.) Sebagai Superdisintegran Terhadap Waktu Hancur Tablet Odt Propanolol. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190255_AGUNG WIBISONO.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190255_AGUNG WIBISONO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Propanolol merupakan obat hipertensi golongan β-bloker non selektif digunakan untuk obat hipertensi, aritmia dan angina pectoris. Dengan dibuat sediaan Orally Disintegran Tablet propanolol diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan mempunyai efek yang cepat. Pati biji cempedak yang dimodifikasi dengan metode pragelatinisasi sehingga dapat meningkatan kualitas bahan, karena menyebabkan perubahan karakteristik yang lebih baik dari pati biasa yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi formula Orally Disintegran Tablet dengan bahan penghancur pati biji cempedak yang terpragelatinisasi terhadap waktu hancur. Dibuat 6 formula pati terpragelatinisasi dengan konsentrasi 5-10% menggunakan metode kempa langsung. Evaluasi massa tablet yang dilakukan meliputi uji waktu alir, sudut diam dan komprebilitas.Evaluasi pada tablet dilakukan keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kerapuhan, kekerasan, waktu hancur, waktu pembasahan, penetapan kadar dan keseragaman kandungan. Hasil pada penelitian didapatkan waktu hancur(detik) yaitu F1 (28,98), F2 (28,83), F3 (28,79), F4(28,59), F5(28,28), F6(28,59). Berdasarkan waktu analisa statistik dengan ANNOVA satu arah data hasil uji waktu dengan taraf kepercayaan 95% (ɑ= 0,05) didapatkan formula 5 sebagai optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:37
Last Modified: 18 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12546

Actions (login required)

View Item View Item