Kemampuan Ekstrak Etanol 70% Daun Salam (Syzygium Polyanthum (Wight) Walp.) Dalam Menghambat Kecacatan Pada Mencit Putih Bunting Yang Dipapar Asap Rokok

Sarah, Maudia dan Kriana, Efendi dan Hayati, hayati (2022) Kemampuan Ekstrak Etanol 70% Daun Salam (Syzygium Polyanthum (Wight) Walp.) Dalam Menghambat Kecacatan Pada Mencit Putih Bunting Yang Dipapar Asap Rokok. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190242_SARAH MAUDIA.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190242_SARAH MAUDIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kandungan flavonoid ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) diduga dapat menghambat kecacatan akibat paparan asap rokok terhadap janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh pemberian ekstrak daun salam terhadap berat badan fetus mencit yang terpapar asap rokok selama kehamilan. Hewan uji dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 ekor. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol negatif), kelompok III (Dosis 1), kelompok IV (Dosis 2), kelompok V (Dosis 3) diberi ekstrak daun salam dengan dosis 312,5; 625; dan 1250 mg/kgBB. Parameter yang diamati adalah berat badan fetus, jumlah fetus dan kecacatan pada fetus. Data persentase berat badan fetus dianalisis menggunakan uji ANOVA one way dengan nilai signifikansi yang terdapat sebesar 0,000 dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok uji dosis 1 memiliki aktivitas terbesar yaitu pada dosis 312,5 mg/kgBB sebanding dengan kontrol normal. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosis I memiliki aktivitas yang sebanding dengan kelompok normal untuk menghambat kecacatan fetus yang dipapar asap rokok.

Kata kunci: Syzygium polyanthum (Wight)Walp), kecacatan, fetus mencit, asap rokok.
Kemampuan Ekstrak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:27
Last Modified: 08 Feb 2022 07:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item View Item