Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Cincau Hijau (Premna Oblongifolia Merr.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Pada Hamster Hiperlipidemia

Hendriyani, Genestia dan Priyanto, Priyanto dan Hanani, Endang (2018) Uji Aktivitas Fraksi Etil Asetat Daun Cincau Hijau (Premna Oblongifolia Merr.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Pada Hamster Hiperlipidemia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190238_GENESTIA HENDRIYANI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190238_GENESTIA HENDRIYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian sebelumnya sari daun cincau hijau memiliki potensi menurunkan kadar hiperlipidemia. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas fraksi etil asetat daun cincau hijau dalam menurunkan kadar trigliserida pada hamster hiperlipidemia. Sebanyak 24 ekor hewan uji hamster syrian jantan yang berusia 3-4 bulan dengan berat badan ± 50g dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok I (kontrol normal), kelompok II (kontrol negatif), kelompok III (kontrol positif), kelompok IV (dosis 1), kelompok V (dosis 2), kelompok VI (dosis 3) yang diberikan fraksi etil asetat daun cincau hijau dengan variasi dosis 63mg/gBB, 126 mg/gBB, 252 mg/gBB. Hewan uji diberi pakan tinggi lemak pada hari ke-1 sampai ke-28 (kecuali kontrol normal). Sediaan uji diberikan pada hari ke-30 sampai hari ke-36. Pengukuran kadar trigliserida dilakukan pada hari ke-29 dan ke-37, menggunakan fotometer klinikal. Hasil pengukuran kadar trigliserida di analisa dengan statistik, diperoleh data terdistribusi normalitas dan homogenitas (P>0,05), kemudian dilanjutkan uji ANOVA satu arah yang terdapat perbedaan. Hasil uji tukey menunjukan bahwa dosis 1, 2, dan 3 mampu menurunkan kadar trigliserida pada hamster hiperlipidemia yang diinduksi pakan tinggi lemak. Dosis 3 paling baik dalam menurunkan kadar trigliserida memiliki aktivitas sebanding dilihat dengan kontrol positif fenofibrat dosis 1,235 mg/100 gBB dengan persen penurunan sebesar 54,83%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:25
Last Modified: 18 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item