Aktivitas Diuretik Fraksi Polar Biji Pepaya (Carica Papaya L.) Berdasarkan Parameter Volume Urin Pada Tikus Putih Jantan (Rattus Norvegicus L.)

Natawijaya, Isman dan Priyanto, Priyanto dan Rindita, Rindita (2018) Aktivitas Diuretik Fraksi Polar Biji Pepaya (Carica Papaya L.) Berdasarkan Parameter Volume Urin Pada Tikus Putih Jantan (Rattus Norvegicus L.). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190236 _ISMAN NATAWIJAYA.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190236 _ISMAN NATAWIJAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pepaya (Carica papaya L.) secara empiris telah digunakan sebagai obat tradisional yang berkhasiat sebagai diuretik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek diuretik dari biji pepaya dengan menggunakan fraksi polar biji pepaya dengan parameter peningkatan volume urin pada tikus putih jantan galur wistar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap. Sebanyak 25 ekor tikus putih jantan dibagi menjadi 5 kelompok yaitu kontrol positif (suspensi furosemid dosis 4,1 mg/kgBB), kontrol negatif (suspensi Na CMC 0,5%), dan fraksi polar biji pepaya dosis 1 (18,72 mg/kgBB), dosis 2 (37,43 mg/kgBB), dan dosis 3 (74,86 mg/kgBB). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji one way ANOVA dan uji LSD. Hasil skrining fitokimia yang diperoleh dari fraksi polar biji pepaya adalah senyawa alkaloid dan saponin. Analisis statistik menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan (a<0,05) antara kontrol negatif dan kontrol positif serta dosis fraksi. Untuk hasil urin kumulatif rata-rata 24 jam yang tertinggi dihasilkan oleh kelompok dosis 3 yaitu 7,60 ml dengan persentase peningkatan volume urin sebesar 98,95%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:01
Last Modified: 27 Jun 2022 01:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item