STRATEGI CSR DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN AGRIBISNIS (Studi Kasus: Kegiatan CSR PT Bakrie Sumatera Plantation)

Pamungkas, Andhika (2014) STRATEGI CSR DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN AGRIBISNIS (Studi Kasus: Kegiatan CSR PT Bakrie Sumatera Plantation). Masters thesis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

[thumbnail of Tesis Andhika_merged.pdf]
Preview
Text
Tesis Andhika_merged.pdf - Accepted Version

Download (990kB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini telah menjadi isu
penting berkaitan dengan masalah dampak lingkungan dalam
pembangunan berkelanjutan. Didukung dengan adanya regulasi yang
mewajibkan setiap perusahaan atau persero untuk melakukan tanggung
jawab sosial. Perusahaan meyakini bahwa dengan melakukan CSR dapat
memberikan manfaat seperti membangun dan mempertahankan citra
perusahaan maupun reputasi perusahaan. Untuk itu, pelaksanaan
program CSR yang dilakukan oleh perusahaan memerlukan suatu strategi
agar program tersebut berhasil, disamping menjaga hubungan baik
dengan stakeholders perusahaan. Strategi yang disusun oleh perusahaan
pada dasarnya bertujuan agar implementasi CSR berjalan sesuai dengan
ide dan konsep dasarnya.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi CSR dalam
membangun corporate image. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Teori Community Relation dan CSR. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Pengumpulan data yang paling utama adalah dengan
melakukan wawancara dan memanfaatkan dokumen yang terkait dengan
penelitian kemudian melakukan uji validitas dengan triangulasi sumber
data.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa PT. Bakrie
Sumatera Plantation dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility
menggunakan model CSR filantropi dan community development yang
disesuaikan dengan visi misi perusahaan. Dalam menjalankan strategi CSR
PT BSP mengacu pada ISO 26000 SR (Social Responsibility) dengan tujuh
program unggulan yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, keagamaan,
kepemudaan, infrastruktur dan tanggap bencana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andhika Pamungkas
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:38
Last Modified: 21 Dec 2021 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item View Item