Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol 70% Daun Salam Koja (Murraya Koenigii (L.) Spreng) Pada Fase Organogenesis Terhadap Perkembangan Fetus Mencit (Mus Musculus)

Dwi, Astriani dan Kriana, Efendi dan Dwitiyanti, Dwitiyanti (2021) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol 70% Daun Salam Koja (Murraya Koenigii (L.) Spreng) Pada Fase Organogenesis Terhadap Perkembangan Fetus Mencit (Mus Musculus). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190232_DWI ASTRIANI.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190232_DWI ASTRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daun salam koja (Murraya koenigii (L.) Spreng.) dipakai sebagai bahan baku obat tradisional di India, yang berkhasiat sebagai penurun kolestrol, hipertensi bahkan diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol 70% salam koja (Murraya koenigii (L.) Spreng) pada fase organogenesis tehadap perkembangan fetus mencit. Penelitian ini menggunakan 20 ekor mencit hamil yang dibagi menjadi 4 yaitu kelompok I (kontrol normal), kelompok II (dosis 300 mg/kgBB), kelompok III (dosis 600 mg/kgBB), dan kelompok IV (dosis 1200 mg/kgBB). Larutan uji diberikan secara oral pada mencit hamil selama periode organogenesis. Mencit dilaparatomi pada hari ke 18 kehamilan kemudian dilakukan pengamatan morfologis, penimbangan berat badan dan resorpsi. Hasil pengamatan terhadap morfologis fetus ditemukan adanya kelainan pada kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase kecacatan fetus dosis 600mg/kgBB sebesar 4.08% dan dosis 1200mg/kgBB sebesar 10.8%. Data presentase berat fetus di analisis menggunakan anova satu arah dan di lanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam koja menimbulkan efek teratogen berupa tromboemboli di bagian kepala dan kematian pada fetus mencit.

Kata kunci: Organogenesis, ekstrak etanol daun salam koja, mencit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 04 Dec 2021 12:02
Last Modified: 04 Dec 2021 12:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12162

Actions (login required)

View Item View Item