Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Beluntas (Pluchea Indica (L.) Less.) Yang Tumbuh Di Daerah Bogor, Sleman Dan Bandung

Nina Ai, Reni dan Hayati, hayati dan Ni Putu Ermi Hikmawati, Ermi (2021) Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Beluntas (Pluchea Indica (L.) Less.) Yang Tumbuh Di Daerah Bogor, Sleman Dan Bandung. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190228_NINA AI RENI.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190228_NINA AI RENI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beluntas merupakan salah satu tanaman yang cukup tersebar luas di Indonesia. Tanaman ini memerlukan cukup cahaya matahari dan banyak ditemukan di daerah pantai dekat laut sampai ketinggian 1.000 mdpl. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh perbedaan ketinggian tempat tumbuh terhadap kadar flavonoid total dari ekstrak etanol 70% daun beluntas yang tumbuh di daerah Bogor (dataran rendah), Sleman (dataran sedang) dan Bandung (dataran tinggi). Metode ekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%. Analisis flavonoid total menggunakan metode Chang dan serapan diukur dengan spektrofotometer UV-Vis pada λ = 434,5 nm. Pembanding yang digunakan adalah kuersetin. Hasil uji menunjukkan bahwa kandungan flavonoid total ekstrak etanol 70% daun beluntas yang tumbuh di daerah Bogor, Sleman dan Bandung berturut-turut sebesar 5,1016 mgQE/gram, 10,4140 mgQE/gram dan 6,0364 mgQE/gram. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketinggian tempat tumbuh berpengaruh terhadap kadar flavonoid dari ekstrak daun beluntas.
Kata kunci: Beluntas, Ketinggian Tempat, Flavonoid, Spektrofotometri UV-Vis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 04 Dec 2021 11:58
Last Modified: 04 Dec 2021 11:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item