Penetapan Kadar Total Fenolik, Flavonoid Dan Antosianin Dari Buah Anggur Hitam (Vitis Vinifera L.) Berdasarkan Perbedaan Metode Ekstraksi

Silvia, Desriani dan Vera Ladeska, Vera dan Ema Dewanti, Ema (2021) Penetapan Kadar Total Fenolik, Flavonoid Dan Antosianin Dari Buah Anggur Hitam (Vitis Vinifera L.) Berdasarkan Perbedaan Metode Ekstraksi. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190226_SILVIA DESRIANI.pdf]
Preview
Text
FFS_FARMASI_S03-190226_SILVIA DESRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buah anggur hitam memiliki warna ungu pekat kehitaman, sehingga banyak menarik perhatian, hal ini disebabkan pigmen antosianin yang tersebar dari bagian kulit sampai ke daging buahnya. Antosianin bermanfaat bagi kesehatan karena berfungsi sebagai antioksidan, antihipertensi, dan pencegahan gangguan fungsi hati. Pada penelitian ini dilakukan perbedaan metode ekstraksi buah anggur hitam terhadap kadar fenol total, flavonoid total dan antosianin total. Parameter yang diamati adalah kadar fenol total, flavonoid total dan antosianin total. Hasil penelitian menunjukkan kadar fenolik total pada metode maserasi adalah 160,43 mgGAE/g dan pada metode ultrasonik adalah 132,5668 mgGAE/g. Kadar flavonoid total pada metode maerasi adalah 8,9288 kuersetin/100mg dan pada metode ultrasonik adalah 4,6677 kuersetin/100mg. Kadar antosianin total pada maserasi adalah 90,56 mg/100 g dan pada metode ultrasonik adalah 192,38 mg/100 g. Data kadar fenol total dan flavonoid total dianalisis dengan persamaan regresi linear. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan kadar antara dua metode yang berbeda terhadap kadar flavonoid total, fenolik total dan antosianin total. Metode yang optimum untuk kadar fenolik, kadar flavonoid dan antosianin total adalah maserasi.

Kata kunci: Buah anggur hitam, kadar fenolik total, kadar flavonoid total, kadar antosianin total

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 04 Dec 2021 11:57
Last Modified: 04 Dec 2021 11:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12156

Actions (login required)

View Item View Item