Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Mangkokan (Polyscias Scutellaria (Burm.F.) Fosberg.) Yang Tumbuh Di Daerah Bogor, Sleman Dan Bandung

Anggita Okvia, Putri dan Hayati, hayati dan Ni Putu Ermi Hikmawati, Ermi (2021) Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Etanol 70% Daun Mangkokan (Polyscias Scutellaria (Burm.F.) Fosberg.) Yang Tumbuh Di Daerah Bogor, Sleman Dan Bandung. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190225_ANGGIYA OKVIA PUTRI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190225_ANGGIYA OKVIA PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daun mangkokan (Polyscias scutellaria (Burm.f.) Fosberg.) termasuk famili Araliaceae. Senyawa kimia yang terdapat pada daun mangkokan salah satunya adalah flavonoid. Flavonoid adalah suatu kelompok senyawa fenolik yang banyak berperan terhadap aktifitas farmakologi. Kadar flavonoid total dapat dipengaruhi salah satunya oleh ketinggian tempat tumbuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh perbedaan ketinggian lingkungan tempat tumbuh terhadap kadar flavonoid total dari ekstrak etanol 70% daun mangkokan yang tumbuh di daerah Bogor (dataran rendah), Sleman (dataran sedang) dan Bandung (dataran tinggi). Daun mangkokan diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Penetapan kadar flavonoid total dengan menggunakan pereaksi AlCl3 dan natrium asetat. Pengukuran absorbansi menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 434,50 nm. Pembanding yang digunakan adalah kuersetin. Kadar flavonoid total ekstrak etanol 70% daun mangkokan dari daerah Bogor, Sleman dan Bandung berturut-turut sebesar 3,7669 mgQE/g, 9,7519 mgQE/g dan 5,0795 mgQE/g. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perbedaan tempat tumbuh terhadap kadar flavonoid total daun mangkokan.

Kata kunci: Mangkokan, flavonoid total, ketinggian lokasi tempat tumbuh, spektrofotometer UV-Vis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:01
Last Modified: 26 Nov 2021 06:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item