Aktivitas Xilanolitik Fraksi Dialisat Dari Ekstrak Kasar Enzim Rumen Sapi (Bos Taurus L.) Untuk Produksi Bahan Baku Farmasi

Fajriah Arafahul, Hasanah dan Priyo Wahyudi, Priyo dan Rizky Arcinthya Rachmania, Rizky (2021) Aktivitas Xilanolitik Fraksi Dialisat Dari Ekstrak Kasar Enzim Rumen Sapi (Bos Taurus L.) Untuk Produksi Bahan Baku Farmasi. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190220_FAJRIAH ARAFAHUL HASANAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190220_FAJRIAH ARAFAHUL HASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cairan rumen sapi yang berasal dari rumah potong hewan sering dianggap limbah. Ruminansia mengandung enzim yang memiliki kelebihan yaitu, lebih stabil pada suhu tinggi, pH optimum lebih tinggi, dan biaya produksi lebih rendah. Enzim xilanolitik dapat diaplikasikan dalam bidang farmasi sebagai gula xilosa yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Gula xilosa juga digunakan untuk campuran pasta gigi karena dapat berfungsi memperkuat gusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas xilanolitik fraksi dialisat dari ekstrak kasar enzim rumen sapi. Penelitian ini menggunakan cairan rumen sapi bali (Bos taurus L.) dari rumah potong hewan di Cakung, Jakarta Timur, Selanjutnya dipresipitasi dengan ammonium sulfat 35% dan didialisis menggunakan kantung selofan ukuran 14 kDa dan 12 kDa. Penentuan aktivitas xilanolitik diukur menggunakan metode DNS dan pengukuran kadar protein menggunakan metode Bradford. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas spesifik xilanolitik yang dihasilkan hanya terdapat pada fraksi dialisat >14 kDa sebesar 0,0598 U/mL dan kadar total protein yang dihasilkan sebesar 29,2833 mg/ml.

Kata Kunci : rumen sapi, xilanolitik, aktivitas, bahan baku farmasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:00
Last Modified: 26 Nov 2021 06:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item