Tingkat Kepuasan Komunitas Good Life Dalam Mendengarkan Program Sarapan Seru Jak FM

Anshari, Mochamad Reza dan Nurjaman, Husman dan Puspita, Virienia (2021) Tingkat Kepuasan Komunitas Good Life Dalam Mendengarkan Program Sarapan Seru Jak FM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0806015082_MOCHAMAD REZA ANSHARI.pdf] Text
FISIP_ILKOM_0806015082_MOCHAMAD REZA ANSHARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketatnya persaingan media radio mendorong para pengusaha dan pelaku bisnis siaran radio, untuk kreatif membuat konsep acara siaran yang menarik agar mendorong khalayak untuk mendengarkannya. Oleh karenanya keberadaan program siaran “Sarapan Seru” yang berisi informasi dan hiburan di pagi hari memberikan pengaruhnya terhadap para pendengarnya. Hal ini menarik untuk diteliti, dengan asumsi di atas peneliti menetapkan untuk mengadakan penelitian mengenai kualitas penyajian program siaran “Sarapan Seru” dengan tingkat kepuasan pendengarnya yang difokuskan pada para anggota komunitas Good Life. Berkenaan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan komunitas Good Life dalam mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM.
Sebagai landasan dari penelitian ini, digunakan teori Uses and Gratifications. Teori ini mengembangkan Gratifications Sought dan Gratification Obtained, Karenanya dianggap perlu untuk membedakan harapan atau motivasi (GS) dengan kepuasan yang diperoleh (GO). Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya adalah anggota komunitas Good Life, yang berjumlah 58 orang. Sedang teknik pengambilan samplingnya menggunakan sampling jenuh atau sensus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik penyebaran angket pada responden. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisa. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik Chi Square.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa secara keseluruhan kepuasan anggota komunitas Good Life tercapai setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. Hasilnya dengan Keseluruhan yaitu sebesar 89.0000 atau Nilai Mean Keseluruhan GS (88.8103)  Nilai Mean Keseluruhan Keseluruhan GO (89.0000). Selain itu, hasil analisis perhitungan Chi Square menunjukkan bahwa dengan adanya perbedaan karakteristik anggota komunitas Good Life tidak memberikan perbedaan yang nyata (signifikan) terhadap perbedaan pembentukkan kepuasan setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM. Hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti, dengan kata lain; “Karakteristik anggota komunitas Good Life, tidak memberikan perbedaan yang nyata (signifikan) terhadap pembentukkan kepuasan setelah mendengarkan program “Sarapan Seru” Jak FM.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Uhamka
Date Deposited: 30 Sep 2021 13:25
Last Modified: 15 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item