Evaluasi Penerapan Sistem Pelayanan Unit Dose Dispensing (Udd) Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Krakatau Medika

Sulasiyah Wardah, Sulasiyah dan Laswety Bakar, Laswety dan Eny Rusdiany, Eny (2021) Evaluasi Penerapan Sistem Pelayanan Unit Dose Dispensing (Udd) Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Krakatau Medika. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190211_SULAISYAH WARDAH.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190211_SULAISYAH WARDAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem Unit Dose Dispensing (UDD) merupakan pendistribusian obat di Rumah Sakit berdasarkan resep perorangan yang disiapkan dalam unit dosis tunggal, untuk satu kali pemakaian. Sistem pendistribusian UDD diterapkan untuk pasien rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penerapan UDD pada pasien rawat inap, kesesuaian peresepan obat, kesesuaian penyiapan obat, dan ketepatan waktu pemberian obat di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM). Data penelitian menggunakan resep, Instruksi Pemesanan Obat (IPO), dan Daftar Pemberian Obat (DPO) pasien rawat inap secara prospektif dengan metode sampel jenuh. Analis data kesesuaian dan ketepatan penerapan sistem UDD dinilai berdasarkan toolkit yaitu Standar Prosedur Oprasional (SPO) RSKM tentang pelayanan pasien rawat inap. Dari 2676 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi hasil penelitian pada pasien rawat inap RSKM menunjukan bahwa sesuai dalam peresepan obat sebanyak 99,85%, sesuai dalam penyiapan obat 84,84%, dan tepat waktu pemberian obat 98,55%.

Kata kunci: unit dose dispensing, rawat inap, peresepan obat, penyiapan obat, waktu pemberian obat, Rumah Sakit Krakatau Medika, IPO, DPO.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 23 Sep 2021 13:56
Last Modified: 23 Sep 2021 13:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item