Optimasi Peningkatan Konsentrasi Amilum Pisang Kepok (Musa (Abb)) Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Kekerasan, Kerapuhan Dan Waktu Hancur Tablet Deksametason

Eka Putri Ramadhini, Eka dan Inding, Gusmayadi dan Ari Widayanti, Ari (2021) Optimasi Peningkatan Konsentrasi Amilum Pisang Kepok (Musa (Abb)) Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Kekerasan, Kerapuhan Dan Waktu Hancur Tablet Deksametason. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_S03-190210_EKA PUTRI RAMADHINI.pdf] Text
FFS_FARMASI_S03-190210_EKA PUTRI RAMADHINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahan pengikat berguna untuk memudahkan proses pengikatan massa dalam proses pembuatan tablet. Salah satu bahan pengikat dalam pembuatan tablet adalah amilum. Dalam penelitian ini digunakan beragam konsentrasi musilago amilum pisang kepok sebagai bahan pengikat dalam pembuatan tablet deksametason untuk mengetahui optimasi terhadap kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet. Pada penelitian ini tablet deksametason dibuat kedalam 4 formula dengan konsentrasi bahan pengikat musilago amilum pisang kepok sebesar 6,5; 7,0; 7,5; 8,0 %. Tablet dibuat dengan metode granulasi basah. Granul diuji sifat fisiknya meliputi sudut diam, kompresibilitas dan distribusi partikel. Granul kemudian dikempa menjadi tablet dan diuji sifat fisiknya meliputi organoleptis, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, keseragaman bobot, penetapan kadar dan keseragaman kandungan. Data kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet dianalisa dengan menggunakan ANOVA satu arah dihasilkan nilai Sig (0,000) < α (0,005) menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang bermakna pada semua formula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi optimal amilum pisang kepok sebagai pengikat terhadap kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet deksametason berada pada konsentrasi 7,5%.

Kata Kunci : Amilum Pisang Kepok, Pengikat, Tablet Deksametason

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 23 Sep 2021 13:56
Last Modified: 23 Sep 2021 13:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item