Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Kelengkeng (Dimocarpus Longan Lour.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Dan Peningkatan Kadar Hdl Darah Pada Hamster Syrian Jantan Yang Hiperlipidemia

Nur Itsnaini, Nur dan Hadi Sunaryo, Hadi dan Ni Putu Ermi Hikmawati, Ermi (2021) Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 70% Daun Kelengkeng (Dimocarpus Longan Lour.) Terhadap Penurunan Kadar Trigliserida Dan Peningkatan Kadar Hdl Darah Pada Hamster Syrian Jantan Yang Hiperlipidemia. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FFS_FARMASI_1404015259_NUR ITSNAINI.pdf] Text
FFS_FARMASI_1404015259_NUR ITSNAINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hiperlipidemia adalah peningkatan satu atau lebih dari komponen lemak yang terdiri dari kolesterol, fosfolipid atau trigliserida. Daun kelengkeng memiliki senyawa seperti flavonoid, tanin, saponin dan teriterpenoid yang diduga berkhasiat sebagai antihiperlipidemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji aktivitas ekstrak daun kelengkeng terhadap penurunan kadar trigliserida dan peningkatan HDL darah pada hamster syrian jantan yang hiperlipidemia. Hewan uji dibagi menjadi 6 kelompok (masing-masing terdiri dari 4 ekor). Kelompok 1 (kontrol normal), kelompok 2 (kontrol negatif), kelompok 3 (kontrol positif) diberi fenofibrat, kelompok 4 (Dosis 1), kelompok 5 (Dosis 2), kelompok 6 (Dosis 3). Pengukuran kadar trigliserida dan HDL pada serum darah secara enzimatik dan diukur dengan spektrofotometer klinikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol 70% daun kelengkeng dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan HDL darah. Ekstrak etanol 70% daun kelengkeng dengan dosis 1200 mg/kgBB memberikan efek sebanding dengan fenofibrat dosis 12,36 mg/kgBB (α > 0,05) dengan persentase penurunan kadar trigliserida sebesar 55,84% dan peningkatan HDL darah sebesar 56,27%.
Kata kunci: Daun kelengkeng, hiperlipidemia, trigliserida, HDL darah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Farmasi Farmasi
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:04
Last Modified: 15 Sep 2021 08:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item