Pocket Book Fisika Berbasis Nilai : Usaha dan Energi berisi materi usaha dan energi yang diintegrasikan dengan nilai - nilai Al-Quran dan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari - hari. dalam buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan.
Mahasiswa mampu menganalisis dampak dari suatu kegiatan/usaha yang direncanakan pada lingkungan hidup, yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha/kegiatan.
Mahasiswa mampu belajar tentang geografi sumber daya manusia/ketenagakerjaan. Pada mata kuliah ini mahasiswa diarahkan dapat memahami terkait kondisi ketenagakerjaan masyarakat Indoneisa pada era MEA, kondisi SDM di Indonesia baik pada masyarakat kota atau desa, dan strategi manajemen SDM untuk memperoleh SDM unggulan. Hasil dari proses pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu berkontribusi untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia.
Mahasiswa mampu melatih keterampilan dalam mengelola serta menginterprestasikan data statistik deskriptif mengenai pengertian statistik, tabel dan grafik statistic, distribusi frekuensi, pengukuran nilai sentral, pengukuran disperse, dan sebaran normal
DAFTAR HADIR, BAP, DAFTAR NILAI MK LANDASAN PENDIDIKAN 1D
DAFTAR HADIR, BAP, NILAI MATA KULIAH LANDASAN PENDIDIKAN 1B
Mahasiswa mampu menganalisis dampak dari suatu kegiatan/usaha yang direncanakan pada lingkungan hidup, yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha/kegiatan.
Mahasiswa mampu menganalisis dampak dari suatu kegiatan/usaha yang direncanakan pada lingkungan hidup, yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha/kegiatan.
INTEGRATED THEMATIC LEARNING TRAINING AND AUTHENTIC ASSESSMENT OF 21ST CENTURY COMPETENCIES FOR TEACHERS OF SDN SRENGSENG SAWAH 12 PAGI.
Integrated Thematic Learning is an approach in learning that intentionally links several aspects both within intra subjects and between subjects. With this integration, students will gain full knowledge and skills so that learning becomes meaningful for students. The meaning of Integrated Thematic learning is a learning approach that involves several subjects to provide meaningful experiences to students. Identification of partner problems, namely:(1) Teachers lack knowledge in implementing variations of learning approaches and learning models, (2) Lack of teacher understanding related to integrated thematic approaches, and (3) Lack of teacher understanding related to authentic assessment based 21st Century competence. The training activities were carried out in four sessions. Some of the material activities held at this training include: (a) Understanding and Reinforcement of Pedagogical Competence and Teacher Professionalism, (b) Understanding Integrated Thematic Learning,(c) Understanding of Evaluation of Learning Implementation Plans and Learning Assessment, and (d) Understanding of the Authentic Assessment of 21st Century Competence. Participants in this activity were attended by 16 teachers at SDN Srengseng Sawah 12 Pagi. Through the training that has been done, the teachers of Srengseng Sawah 12 Pagi Elementary School can better understand and be motivated to carry out integrated thematic approaches and authentic assessments correctly in the School.
Persaingan pada industri pendidikan semakin terasa, sehingga diberlakukan pengelolaan terhadap customer relationship. Paradigma dan cara berpikir industri pendidikan tidak lagi didominasi pada bagaimana mendapatkan siswa didik baru, tetapi berkembang kepada bagaimana mempertahankan pelanggan lama. Menelaah fenomena masalah pada industri pendidikan maka dilakukan penelitian terkait hubungan customer relationship management dan customer lifetime value. Penelitian dilakukan pada industri pendidikan, dimana orang tua siswa menjadi konsumen yang dikaji dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan survei kepada 100 orang tua murid Sekolah Pariwisata yaitu Akademi Pariwisata HNI di Kota Bandung, Indonesia. Kajian dilakukan melalui analisis regresi dan data didapat secara kuantitatif melalui kuesioner. Hasil penelitian ditemukan bahwa customer relationship management yang dilakukan oleh sekolah memiliki dampak berarti pada peningkatan customer lifetime value. Orang tua akan memberikan rekomendasi terhadap investasi pendidikan kepada keluarga dan kolega bila merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan oleh sekolah. Penelitian ini tentunya bermanfaat untuk industri pendidikan yang memiliki kecenderungan lifetime value dari konsumen. Dimana pada prinsipnya orang tua sebagai konsumen sekolah yang menentukan pendidikan untuk anaknya membutuhkan kenyamanan yang salah satunya dari implementasi customer relationship management.
Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan pada pelaksanaan pendidikan yang
sedianya dilakukan secara tatap muka, disesuaikan melalui kegiatan Belajar dari Rumah
(BDR). Pelaksanaan BDR yang tidak direncanakan sebelumnya oleh pendidik, peserta didik
dan orang tua mendatangkan berbagai tantangan. Oleh karena itu peneliti hendak melihat
persepsi orang tua terhadap pelaksanaan BDR pada anak usia 5-6 tahun pada PAUD di kota
Bekasi. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner yang sudah tervalidasi selanjutnya melaksanakan penghimpunan
data melalui google form. Data yang telah dihimpun diolah menggunakan program SPSS
dengan analisis data chi square untuk melihat hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil
penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan BDR pada PAUD di kota
Bekasi mendapatkan persepsi positif dari orang tua dipengaruhi oleh faktor; perencanaan
pembelajaran yang disusun, media dan bahan ajar yang digunakan serta penilaian yang
dilaksanakan oleh pendidik. Melalui penelitian ini memberikan gambaran bahwa
pelaksanaan BDR pada PAUD dipengaruhi oleh kesiapan dan sumber daya yang dimiliki oleh
lembaga PAUD, peserta didik dan orang tua murid.