%D 2018 %L repository933 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengetahui pengaruh Budaya Kerja, Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap kinerja dosen. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif ini dengan pendekatan kuantitatif, metode survei, kuisioner dan teknik analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kompetensi (X1) terhadap Kinerja Dosen (X3) sebesar 59%, Disiplin Kerja (X2) tidak berpengaruh langsung terhadap Kinerja Dosen (X3) karena kecilnya pengaruh hanya 4,6%, Kompetensi (X1) berpengaruh langsung terhadap Disiplin Kerja (X2) sebesar 40%, Kompetensi (X1) tidak berpengaruh langsung yang signifikan terhadap Kinerja Dosen (X3) melalui Disiplin Kerja (X2) dan terakhir terdapat pengaruh langsung yang signifikan Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja Dosen (X3) melalui Kompetensi (X2) sebesar 48,6%. Kinerja dosen yang terkait dengan 3 indikator dalam penelitian ini yaitu waktu, kualitas dan kuantitas dapat meningkatkan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Peningkatan kompetensi dosen untuk melaksanakan suatu pekerjaan secara profesional berdampak baik terhadap kompetensi pendagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi social. Indikator disiplin kerja dalam mentaati peraturan dan prosedur kerja, kehadiran tepat waktu, penyelesaian pekerjaan, dan penggunaan sarana dan prasarana mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja dosen melalui kompetensi. %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA %T PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA %A Bambang Dwi Hartono