eprintid: 9005 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/00/90/05 datestamp: 2021-08-05 09:08:45 lastmod: 2022-06-24 04:01:58 status_changed: 2022-06-24 04:01:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hasibuan, Nur Sadiah creators_name: Fitrisia, Fitrisia creators_name: Wulan, Mulyaning creators_id: Fitrisia@uhamka.ac.id creators_id: mulyaning_wulan@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Ukuran Perusahaan, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, growth, media exposure terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah ukuran perusahaan, growth dan media exposure sebagai variabel independen dan pengungkapan CSR sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 25 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan probability sampling. Metode penelitian menggunakan metode eksplanasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 26.0 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = – 103,137 + 4,896 X1 + 0,030 X2 + 10,751 X3 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas berdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi atau model regresi BLUE. Hasil pengujian melalui uji t secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil pengujian variabel growth tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,693 > 0,05, dan hasil pengujian variabel media exposure berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis koefisien korelasi berganda sebesar 0,624 menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel variabel independen dengan pengungkapan CSR. Hasil analisis adjusted R square menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel independen dengan pengungkapan CSR yaitu sebesar 62,4% dan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran kepada perusahaan untuk meningkatkan pengungkapan CSR, selain itu untuk investor sebaiknya lebih selektif dalam menanamkan modalnya dengan mempertimbangkan perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR lebih banyak dibandingkan perusahan lainnya. Kemudian untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain dan sampel jenis perusahaan lainnya date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul, H. (2015). Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan Jilid 1 Edisi Kelima.Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Adawiyah, I. R. (2013). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR. Agus, R. (2013). Statistik Deskriptif. Yogyakarta: Nuha Medika. Akbar, T. (2019). Kajian Kinerja Profitabilitas Bank pada Perspektif Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia. Alfarizi, A. G. (2016). Pengaruh Media Exposure, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Andreas, D. W. (2015). The Effect Of Firm Size, Media Exposure and Industry Sensivity to Corporate Social Responsibility Disclosure and Its Impact on Investor Reaction. International COnference on Accounting Studies (ICAS) . Apriyani, M. (2015). Pengaruh Media Exposure, Growth dan Nilai Pasar Terhadap Corporate Social Responsibility. Ardianto, d. (2014). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Baric, A. (2017). Corporate Social Responsibility And Stakeholders. Business System Research Vol. 8 No.1. Bidhari, S. C. (2013). Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry. European Journal of Business and Management Vol.5, No.8 ISSN 2222-1905. David, H. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol.9, No.1, 77-108. Erwan Agus Purwanto., D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta:Gava Media. F Brigram., E. H. (2013). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Gassing, S. S. (2016). Public Relation. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS Edisi 8. Semarang: Universitas Diponegoro. Gregocy. (2015). CSR and Firm Value:disaggregating The Effect on Cash Flow, Risk and Growth. Journal of Business Ethics. Gunawan, A. (2014). Membuat Program CSR Berbasis Pemberdayaan Partisipasif. Yogyakarta: CV Garuda. Harahap, S. S. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 11. Jakarta: Rajawali Pres. Harrison Jr., W. T. (2012). Akuntansi Keuangan IFRS Edisi Kedelapan Jilid 1.Jakarta: Erlangga. Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 10. Yogyakarta:BPFE. Hasan, S., & Andriany, D. (2015). Pengantar CSR. Jambi: JOB Pertamina. Hasnia, S. R. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah Volume 12, Nomor 1, 56-71. Herawati, H. (2015). Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility . Jurnal Riset Akuntansi,203-217. Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo. ____. (2017). Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: PT Grasindo. HM, D. R. (2015). Pengaruh Size Firm, Tipe Industri, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan Dan Media Exposure Terhadap Corporate Social Disclosure Responsibility. Perpustakaan Trisakti School Of Management. Horne, V. d. (2013). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan Edisi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Imran, A. I. (2017). Corporate Social Responsibility In The Digital Era . Sleman: CV Budi Utama. Indonesia, I. A. (n.d.). PSAK No.1 Tentang Laporan Keuangan-edisi revisi 2015. Penerbit Dewan Standar Akuntansi Keuangan: PT. Raja Grafindo. Irham, F. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta. Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. ______. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Kasten, K. (2013). Media Exposure and Risk. Wyman Street, Waltham, MA:Elsevier. Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor: Kep-431/Bl/2012. Tentang Penyampaian Laporan Tahunan Emiten Atau Perusahaan Publik. Lolombulan, J. H. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta: Andi. Lucyanda, J. (2012). The Infuebce of Company Charasteristics Toward CSR Disclosure. The International Conference on Business and Management ,601-619. Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta. Muhardi, W. R. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Nuriwan. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan yang dimoderasi oleh CSR dan GCG. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol.6, 11-24. Nurjanah, N. (2015). Kinerja Lingkungan, Leverage, Profil Dan Pertumbuhan Perusahaan Pengaruhnya Terhadap CSR Disclosure. Prima, B. (2015). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media. R.A, Supriyono. (2018). Akuntansi Keprilakukan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Respati, R. D. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Retnoningtyas, D. (2015). Pengaruh Size Firm, Tipe Industri, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan dan Media Exposure Terhadap CSR. Sembiring, Eddy Rismanda. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jwab Sosial . Simposium Nasional Akuntansi 8. Rohman, D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Dalam Laporan Substanability (Studi Empiris Pada Perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-3013). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 243-262. Rosdianto, U. (2013). CSR Communication a Framework for PR Practitioners.Yogyakarta: Graha Ilmu. Rusdianto, U. (2013). CSR Communication a Framework for PR Practitioners.Yogyakarta: Graha Ilmu. S, W. C. (2014). Acounting Indonesia Adaptation. Jakarta: Salemba Empat. Sandhika. (2013). Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry. European Journal of Business and Management Vol.5, No. 8 ISSN. Silviana Agustami, S. H. (2015). Pengaruh Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Riset akuntansi dan Keuangan, 753-760. Soraya, E. (2016). Pengaryh Profitabilitas, Likuditas, Sales Growth, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Sridadi, A. R. (2016). Pedoman Perjanjian Kerja Bersama. Malang: Empatdua Media. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan Keuangan) EdisiKetiga. Yogyakarta: BPFE. Syairozi, M. I. (2019). Pengungkpaan CSR Pada Perusahaan Manufaktur dan Perbankan . Malang: Tidar Media. Tamburaka, A. (2013). Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak MediaM assa. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Ulum, I. (2017). Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan dan Kinerja Organisasi. Malang: UMM Press. Undang-Undang No 40 . (2207). Perseroan Terbatas. Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Andi. Utami, S. (2018). Pengaruh Leverage, Size Perusahaan, Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Periode 2014-2016. Utomo, M. N. (2019). Ramah Lingkungan dan Nilai Perusahaan. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya. Warren. (2014). Accounting Indonesia Adaptation. Jakarta: Salemba Empat. Widiastuti, U. H. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia . www.idx.com www. liputan6.com citation: Hasibuan, Nur Sadiah dan Fitrisia, Fitrisia dan Wulan, Mulyaning (2021) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/9005/1/FEB_AKT_1602015180_%20NUR%20SADIAH.pdf