%I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA %L repository9005 %A Nur Sadiah Hasibuan %A Fitrisia Fitrisia %A Mulyaning Wulan %D 2021 %T Pengaruh Ukuran Perusahaan, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, growth, media exposure terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah ukuran perusahaan, growth dan media exposure sebagai variabel independen dan pengungkapan CSR sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 25 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan probability sampling. Metode penelitian menggunakan metode eksplanasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 26.0 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = – 103,137 + 4,896 X1 + 0,030 X2 + 10,751 X3 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas berdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi atau model regresi BLUE. Hasil pengujian melalui uji t secara parsial variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil pengujian variabel growth tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,693 > 0,05, dan hasil pengujian variabel media exposure berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis koefisien korelasi berganda sebesar 0,624 menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel variabel independen dengan pengungkapan CSR. Hasil analisis adjusted R square menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel independen dengan pengungkapan CSR yaitu sebesar 62,4% dan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran kepada perusahaan untuk meningkatkan pengungkapan CSR, selain itu untuk investor sebaiknya lebih selektif dalam menanamkan modalnya dengan mempertimbangkan perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR lebih banyak dibandingkan perusahan lainnya. Kemudian untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel lain dan sampel jenis perusahaan lainnya