@incollection{repository9, editor = {Rahman Abd. Rahman A. Ghani and Sugeng Sugeng Riadi}, title = {PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP/MTs}, publisher = {Uhamka Press}, booktitle = {PENDIDIKAN HOLISTIK KONSEP DAN IMPLEMENTASI DALAM PENDIDIKAN}, journal = {Program Studi Pendidikan Sejarah UHAMKA}, abstract = {Pola pendidikan di Indonesia terbentuk melalui sejarah yang panjang. Dimulai pada jaman Hindu-Buddha sampai penjajahan Jepang, pola pendidikan yang terbentuk hampir sama yaitu guru dianggap sebagai orang yang sangat dimuliakan karena peran guru diambil oleh kaum Brahmana (jaman Hindu-Buddha), ustad/ajengan (jaman perkembangan agama Islam), pemuka agama Katolik Roma (jaman penjajahan Portugis), tokoh agama Protestan (jaman penjajahan Belanda) dan tokoh pribumi yang dianggap berpengaruh (jaman penjajahan Jepang). Namun pola tersebut sudah tidak dapat diterapkan karena guru bukan satu-satunya sumber informasi pada saat peserta didik belajar. Belajar juga bukan lagi hanya belajar di dalam kelas tapi juga diluar kelas dengan mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor serta soft skills. Tujuan pembuatan tulisan ini adalah untuk merevitalisasikan kembali pembelajaran sejarah diperlukan agar peserta didik tidak hanya hapal tapi justru memahami esensi belajar sejarah itu sendiri melalui pendidikan yang holistik (menyeluruh). Peserta didik harus tahu bahwa hidup mereka sekarang ini karena jasa para pahlawan bangsa yang sudah memperjuangkan kemerdekaan. Tentu saja bukan hal yang mudah ditengah budaya yang berkembang sekarang ini. Pendidikan holistik merupakan sebuah perjalanan pendidikan untuk aktualisasi diri dan realisasi diri melalui hubungan dan keterkaitan antara individu, kelompok dan dunia sehingga terintegrasi satu sama lain. Pendidikan formal hanyalah titik awal dari proses seumur hidup.}, author = {Gunawan, Rudy}, isbn = {978-602-8040-55-6}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/9/} }