eprintid: 8965 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/00/89/65 datestamp: 2021-08-01 13:57:38 lastmod: 2022-06-23 03:23:31 status_changed: 2022-06-23 03:23:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Akmaliyah, Nurus Shobah creators_name: Muiz, Enong creators_name: Rahayu, Dewi Pudji creators_id: dewirahayu@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2018 ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, leverage terhadap transfer pricing. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, leverage sebagai variabel independen dan transfer pricing sebagai variable dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi logistik (model regresi logistik, kelayakan model regresi, menilai keseluruhan model fit, koefisien determinan, matriks klasifikasi). Pengolahan data menggunakan SPSS 23 dan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Ln (p/1-p) = TP = 13,668 + 22,608 ETR – 23,369 TUN + 2,204 ITRENDLB + 0,551 LEV + ε. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Pajak berpengaruh secara parsial terhadap Transfer Pricing dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Sedangkan Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage memiliki nilai signifikan lebih besar dari 0,05 dinyatakan tidak adanya pengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing. Adapun secara simultan menunjukkan bahwa Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan Kemampuan varibel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,669 yang artinya sebesar 66,9% variabel Transfer Pricing dijelaskan oleh variabel independen Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage dan sisanya 33,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lainnya, seperti profitabilitas, exchange rate, ukuran perusahaan dll. Dan diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan perusahaan yang lebih banyak memiliki sampel agar lebih akurat. date: 2021-07-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, 1(2),572-588. Azzura, C. S., & Pratama, A. (2019). INFLUENCE OF TAXES, EXCHANGE RATE, PROFITABILITY, AND TUNNELING INCENTIVE ON COMPANY DECISIONS OF TRANSFERRING PRICING. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 2(1), 123-133. Deanti, L. R. (2017). Pengaruh Pajak, Intangible Assets, Leverage, Profitabilitas, Dan Tunelling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Indonesia (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Darussalam, D. S., & Kristiaji, B. B. (2013). Transfer pricing: ide, strategi, dan panduan praktis dalam perspektif pajak internasional. Jakarta: Danny Darussalam Tax Center. Dewinta, I. A. R., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(3), 1584-1613. Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-3. Alfabeta:Bandung. Ghazali, Imam. “Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 Update PLS Regresi Edisi 6”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.2013 Hartati, W., & Desmiyawati, J. (2015). Tax minimization, Tunneling Incentive dan mekanisme bonus terhadap keputusan Transfer Pricing Seluruh perusahaan yang listing di bursa efek indonesia. Jurnal SNA, 18. Hasibuan, Malayu. SP, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara. Hidayat, W. W., Winarso, W., & Hendrawan, D. (2019). Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 15(1), 49-59. Indriaswari, Y. N. (2017). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya). Julaikah, Nurul, 2014, “Hampir Semua Perusahaan Asing Akali Bayar Pajak”, Merdeka, diakses dari http://m.merdeka.com pada tanggal 09 Maret 2020. Kurniawan, Y., Barjo Sugeng, S. E., MSi, A. K., & CA, P. I. (2018). PENGARUH PAJAK TANGGUHAN DAN BONUS PLAN TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Pada Perusahan Manufaktur Sektor Aneka Industri Sub Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2017) (Doctoral dissertation, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG). Kasmir, 2015. Analisis Laporan. Keuangan: Jakarta: Rajawali pers Mardiasmo. 2013. Perpajakan.Yogyakarta : C.V Andi Offset Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Terbaru. CV. Andi Offsest. Yogyakarta Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 18(2), 156-165. Marisa, R. (2017). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 5(2). Mispiyanti, M. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Journal of Accounting and Investment, 16(1), 62-74. Nisa, Z. (2018). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, dan leverage terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur di bei tahun 2012-2016 (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA). Noviyana, N. (2018). PENGARUH TAX, TUNNELING INTENSIVE, BONUS PLAN, EXCHANGE RATE, DEBT COVENANT TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2013-2016) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2011 tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Transaksi Antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 7 tentang Pengungkapan Pihak-Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa. Pratiwi, B. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive, Dan Leverage Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(3),90-103. Purwanto, G. M., & Tumewu, J. (2018). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS PADA KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 14(1), 47-56. Rahmawati, E. Y. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Refgia, T., Ratnawati, V., & Rusli, R. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling incentive Terhadap Transfer pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014) (Doctoral dissertation, Riau University). Sari, A. N., & Puryandani, S. (2019). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat di BEI Periode 2014- 2017). Suistanable Competitive Advantage (SCA), 9(1). Sartono, Agus. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta Satriana, G. C. (2017). PENGARUH LIKUIDITAS, PETUMBUHAN PENJUALAN, EFISIENSI MODAL KERJA, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Tahun 2008-2014) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons. Suandy, Erly. 2014. Perencanaan Pajak. Salemba Empat: Jakarta Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sundari, B., & Susanti, Y. (2016). Transfer pricing practices: empirical evidence from manufacturing companies in Indonesia. Asia-Pacific Management Accounting Journal, 11(2), 25-39. SURMAYANA, N. (2018). PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Swingly, C., & Sukartha, I. M. (2015). Pengaruh karakter eksekutif, komite audit, ukuran perusahaan, leverage dan sales growth pada tax avoidance. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, 10(1), 47-62. Wafiroh, Novi Lailiyul., dan Niken Nindya Hapsari . 2015. "Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing." ElMuhasaba 6(2):157–168. Yulia, A., Hayati, N., & Daud, R. M. (2019). The Influence of Tax, Foreign Ownership and Company Size on the Application of Transfer Pricing in Manufacturing Companies Listed on IDX during 2013- 2017. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(3), 175. citation: Akmaliyah, Nurus Shobah dan Muiz, Enong dan Rahayu, Dewi Pudji (2021) Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8965/1/FEB_AKT_1602015120_%20NURUS%20SHOBAH%20AKMALIYAH.pdf