%I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA %T Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Leverage Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2018 %A Nurus Shobah Akmaliyah %A Enong Muiz %A Dewi Pudji Rahayu %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, leverage terhadap transfer pricing. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah pajak, tunneling incentive, mekanisme bonus, leverage sebagai variabel independen dan transfer pricing sebagai variable dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.co.id). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi logistik (model regresi logistik, kelayakan model regresi, menilai keseluruhan model fit, koefisien determinan, matriks klasifikasi). Pengolahan data menggunakan SPSS 23 dan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Ln (p/1-p) = TP = 13,668 + 22,608 ETR – 23,369 TUN + 2,204 ITRENDLB + 0,551 LEV + ε. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Pajak berpengaruh secara parsial terhadap Transfer Pricing dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Sedangkan Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage memiliki nilai signifikan lebih besar dari 0,05 dinyatakan tidak adanya pengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing. Adapun secara simultan menunjukkan bahwa Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan Kemampuan varibel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square (Adjusted R2) sebesar 0,669 yang artinya sebesar 66,9% variabel Transfer Pricing dijelaskan oleh variabel independen Pajak, Tunneling Incetive, Mekanisme Bonus dan Leverage dan sisanya 33,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lainnya, seperti profitabilitas, exchange rate, ukuran perusahaan dll. Dan diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan perusahaan yang lebih banyak memiliki sampel agar lebih akurat. %D 2021 %L repository8965