TY - THES AV - public TI - Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan M1 - bachelor A1 - Khadafi, Muhammad A1 - Nurrasyidin, M.Nurrasyidin A1 - Nurhayadi, Yadi PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2014-2019. Populasi pada penelitian ini adalah 53 perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 6 (enam) perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi atau telaah dokumen, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan melihat, mempelajari dan menelaah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2014-2019 melalui situs resmi (www.idx.co.id). Teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 24. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.016 < 0.050, sedangkan nilai thitung (2.535) > ttabel (2.036). Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.050, sedangkan nilai thitung sebesar (6.060) > ttabel (2.036). Leverage secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.050 sedangkan nilai thitung sebesar (4.691) > ttabel (2.036). Ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.050, sedangkan nilai Fhitung sebesar (15.568) > Ftabel (2.900). Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.555 atau 55.5% dan sisanya 45.5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.770 atau 77.0%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan yang terbaru dan menggunakan sampel perusahaan yang berbeda agar data lebih update dan terhindar dari plagiat. Y1 - 2021/07/28/ UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8958/ ID - repository8958 ER -