eprintid: 8954 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/00/89/54 datestamp: 2021-07-28 13:21:48 lastmod: 2022-06-22 04:16:44 status_changed: 2022-06-22 04:16:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Prameisy Anggi Wulandari creators_name: Tutuko, Bambang creators_name: Wulan, Mulyaning creators_id: bambangtutuko@uhamka.ac.id creators_id: mulyaning_wulan@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Risiko Sistematis, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient ispublished: pub subjects: HF5601 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, persistensi laba, risiko sistematis, dan ukuran perusahaan terhadap earnings response coefficient. Variabel dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility (X1), persistensi laba (X2), risiko sistematis (X3), ukuran perusahaan (X4), dan earnings response coefficient (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 9 (sembilan) perusahaan sebagai sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda Penelitian dihitung dan dianalisis dengan bantuan software SPPS Versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa model regresi linear berganda adalah Y = - 0.193 – 0.259X1 + 0.239X2 + 0.003X3 + 0.009X4 + e. Hasil uji t menunjukan secara parsial nilai signifikansi Variabel Pengungkapan Corporate Social Responsibility (X1) sebesar 0.004 < 0.05, Persistensi Laba (X2) sebesar 0.001 < 0.05, Risiko Sistematis (X3) sebesar 0.237 < 0.05, Ukuran Perusahaan (X4) sebesar 0.041 < 0.05, yang berarti hanya satu variabel X3 yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient. Hasil uji F menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05 yang berarti secara simultan variabel Pengungkapan Corporate Social Responsibility (X1), Persistensi Laba (X2), Risiko Sistematis (X3), Ukuran Perusahaan (X4), berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient. Berdasarkan nilai R2(Adjusted R Square) menunjukan bahwa variabel pengungkapan corporate social responsibility, persistensi laba, risiko sistematis, dan ukuran perusahaan dapat menjelaskan 31.3% variabel earnings response coefficient sedangkan sisanya 68.7% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti leverage, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan struktur modal. Dan nilai R sebesar 61.2% menunjukan bahwa variabel pengungkapan corporate social responsibility, persistensi laba, risiko sistematis, dan ukuran perusahaan berpengaruh kuat terhadap earnings response coefficient. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk mengganti atau menambah variabel bebas yang dapat mempengaruhi earnings response coefficient, kemudian dapat menambah jumlah sampel dan rentang waktu penelitian agar dapat meningkatkan kualitas penelitian beserta hasilnya. date: 2021-07-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Dalimunthe, A. R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, dan Struktur Modal terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, Volume 11 Nomor 11, Hal 1-24 (Maret) 2016. Jakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. Dana, P., & Ghanbari, M. (2015). The Effect of Earnings Response Coefficient in the Abnormal Efficiency (April) 2015. Journal of Applied Environmental and Biological Sciences, Vol. 5 No. 6 Page 234-240 (February) 2015. Iran: Department of Accounting, Kermanshah Science and Research Branch University Islamic Azad. Delvira, Maisil dan Nelvirita. (2013). Pengaruh Risiko Sistimatik, Leverage dan Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di BEI Tahun 2008-2010). Jurnal WRA, Vol. 1, No.1 Hal 129-154 (April) 2013. Padang : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Dewi, A. A. P. K., & Putra, I. M. P. D. (2017). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 19 No.1, Hal 367-391 (April) 2017. Bali : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Dewi, D. M. (2015). The Role of CSRD on Company's Financial Performance and Earnings Response Coefficient (ERC). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, Page 541-549 (September) 2015. Kalimantan Selatan: Lecture of Economic and Business Faculty of University Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dewi, N. S. & Yadnyana, I. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Earning Response Coefficient dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, Volume 26 Nomor 03 Hal 2041-2069 (Juli) 2019. Bali: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. El Natsir, R. S. (2018). Pengaruh Leverage dan Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2016). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Fah, C. F., & Huei, T. S. (2016). Effect of Voluntary Disclosure on Earning Response Controlling for Profitability, Leverage and Size. Unimas Review of Accounting and Finance, Vol. 1 No.1 Page 1-10 (August) 2016. Malaysia: Departement of Accounting and Finance Faculty of Economic and Finance University of Putra Malaysia. Fah, C. F., & Sin, L. H. (2014). Relationship between Earnings Response Coefficient of Insurance Firms and Exgrowth Opportunities, Earned Premium Incomes and Commissions in Malaysia. International Business Research, Vol. 7 No. 6 Page 164-173 (May) 2014. Malaysia: Departement of Economics Faculty of Economics and Management University of Putra Malaysia. Ghozali, I dan Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi (Ed. Ke-3). Undip: Semarang. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Hadi, Nor. (2014). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha ilmu. Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. (2014) . Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Handoyo, Kurnia. (2016). Pengaruh Spesialisasi Industri Auditor, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Systemic Risk terhadap Earnings Response Coefficient. Skripsi. Jakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Harahap, Sofyan Syafri. (2011). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan ke sepuluh. Jakarta : PT Bumi Aksara. Hartono, Jogiyanto. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesebelas. BPFE. Yogyakarta. Yogyakarta. Haryanto, M. Y. D. (2018). Pengaruh Interaksi Corporate Social Responsibility dan Likuiditas Saham terhadap Earnings Response Coeficient studi pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan, Volume 01 Nomor 02 Hal 146-170 (Oktober) 2018. Palembang: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Hasanzade, M., Darabi, R., & Mahfoozi, G. (2014). Factors Affecting The Earnings Response Coefficient: An Empirical Study for Iran. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, Vol. 2 No.3 Page 2551-2560 (March) 2014. Iran: Departement of Economics Faculty of Economics and Business South Tehran Branch Islamic Azad University Tehran Iran. Hosseini, M., Chalestori, K. N., Hi, S. R., & Ebrahimi, E. (2016). A Study on The Relationship between Earnings Management Incentives and Earnings Response Coefficient. Procedia Economics and Finance, Vol. 36 No. 16 Page 232-243 (February) 2016. Iran: Department of Accounting Faculty of Economics and Management MA of Accounting University Islamic Azad Iran. Imroatussolihah, Ely. (2013). Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile. Jurnal Akuntansi & Manajemen, Vol. 23 No.3, Hal 153–63 (Februari) 2013. Surabaya : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Ivan Kurnia, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Risiko Sistematik, dan Investment Opportunity Set terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2014. Jurnal Ekonomi, Vol. 20 No. 3, Hal 463-478 (November) 2015. Jakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta. Jumaidi, L. T., & Rijal, R. (2018). Sistematik Risk, Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient Pada Entitas Industri. Jurnal Magister Manajemen Unram, Volume 07 Nomor 02 Hal 1-16 (Juni) 2018. Nusa Tenggara Barat: Program Magister Manajemen Universitas Mataram. Koriani, R. D., Sofianty, D., & Fadilah, S. (2017). Pengaruh Leverage , Ukuran Perusahaan dan Risiko Sistematis terhadap Earnings Response Coefficient (ERC ). Jurnal Prosiding Akuntansi, Vol. 3 No. 1 Hal 52–59 (Februari) 2017. Bandung : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung. Lestari, Cahya. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Mahendra, I. P. Y., & Wirama, D. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Pada Earnings Response Coefficient. Ejurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 20 No. 3 Hal 2566–2594 (September) 2017. Bali: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Mahjoubi, M., & Abaoub, E. (2015). Earnings Response Coefficient as a Measure of Market Expectations: Evidence from Tunis Stock Exchange. International Journal of Economics and Financial Issues, Vol. 5 No. 2 Page 377-389 (May) 2015. Saudi Arabia: Department of Administrative and Financial High Institute of Accounting and Business Administration University Mannouba Tunisia. Mashayekhi, B., & Aghel, Z. L. (2016). A study on The Determinants of Earnings Response Coefficient in an Emerging Market. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Insustrial Engineering, Vol. 10 No. 7 Page 2483- 2486 (September) 2016. Iran: Departement of Economics Faculty of Economics and Business South Tehran Branch Islamic Azad University Tehran Iran. Nofianti, Nana. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Deviden terhadap Koefisien Respon Laba. Jurnal Etikonomi Vol. 13 No. 2 Hal 118-147 (Oktober) 2016. Banten : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. Nugroho, Joko Purwanto dan Rustam Hanafi. (2015). Pengaruh Karakterisitik Perusahaan dan Pesistensi Laba Terhadap Koefisien Respon Laba dan Koefisien Respon Nilai Buku Ekuitas. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol 6 No. 2 hal 1-16 (Desember) 2015. Yogyakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra Yogyakarta. Putra, D. R. L. (2019). Pengaruh Risiko Sistematik, Leverage, Profitabilitas Dan Kesempatan Bertumbuh terhadap Earnings Response Coefficient pada Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-18 (September) 2019. Surabaya : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya. Rahayu, A. K., & Suaryana, A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Risiko Gagal Bayar pada Koefisien Respon Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 13 No.2 Hal 665-684 (November) 2015. Bali : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Rahmawati. (2016). Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ratnasari, D., Sukarmanto, E. T., & Sofianty, D. (2017). Pengaruh Persistensi Laba, Ukuran Perusahaan dan Default Risk terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Akuntansi, Volume 03 Nomor 02 Hal 117-124 (April) 2017. Bandung: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung. Riyanto, Bambang. (2013). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE. Roni, R. (2017). Pengaruh Leverage, Beta, Market To Book Value Ratio Dan Firmsize Terhadap Earnigs Response Coefficient (ERC)(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI 2013-2015). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, Vol. 6 No.03 Hal 71-84 (November) 2017. Malang : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang. Sari, R. Y. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Risiko Sistematis, Leverage, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014- 2017). Skripsi. Surakarta: Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Scoot, William R. (2012). Financial Accounting Theory, 5th Ed. Canada: Prentice-Hall. Silalahi, S. P. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Beta Dan Price to Book Value (PBV) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC)(studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi, Volume 22 Nomor 01 Hal 61-74 (Maret) 2014. Riau: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya Pekanbaru. Siregar, N. B., & Maksum, A. (2018). Influence of Systematic Risk and Persistence to Earnings Response Coefficient with Corporate Social Responsibility as Moderating Variable: The Case on Oil Plantation Company in Indonesia and Malaysia. International Conference of Organizational, KnE Social Sciences, Vol. 03 No. 10 Page 992-1003 (November) 2018. Sumatera Utara: Departement of Accounting Faculty Economic and Bisnis University of Sumatera Utara. Solihin, Ismail. (2014). “Pengantar Bisnis”. Jakarta: Penerbit Erlangga. Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta. Suwardjono. (2013). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFEYogyakarta. Suwarno, T. Zamzami. (2017). Influence of Size, Growth and Profitability of Company To Earnings Response Coefficient. International Journal of Advanced Research, Vol. 5 No. 12 Page 1463-1472 (Juli) 2017. Gresik: Departement of Accounting Faculty Economic and Bisnis University of Muhammadiyah Gresik. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi (Edisi Revisi). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Untung, Budi. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: ANDI. Vivaldi, P. R., Khairunnisa, K., & Mahardika, D. P. K. (2017). Analisis Regresi Earnings Response Coefficient: Ukuran Perusahaan dan Risiko Default (survei pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). EProceedings of Management, Volume 04 Nomor 02 Hal 1692-1698 (November) 2017. Bandung: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung. Wahyuni, A., & Damayanti, C. R. (2020). Pengaruh Persistensi Laba, Struktur Modal Dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Terhadap Earning Response Coefficient (ERC)(Studi Pada BUMN yang terdaftar di BEI dan Menggunakan Pedoman Global Reporting Initiative (GRI) G4 Periode 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 78 No.1, Hal 38-45 (September) 2020. Malang : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Wulandari, Kadek T. & Wirajaya, I Gede A. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, Vol.6 No.3, Hal 355-369 (Juli) 2014. Bali: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Zakaria, N. B., Azwan, M., & Abidin, R. A. Z. (2013). Default Risk and The Earnings Response Coefficient, Evidence from Malaysia. Journal of Basic and Applied Scientific Research, Vol. 3 No. 6 Page 535-545 (September) 2013. Malaysia: Departement of Economics Faculty of Economics and Management Accounting Research Institute and University Tecnology MARA. Website: www. kompas.com www.economy.okezone.com www.idx.co.id Pengaruh citation: Putri, Prameisy Anggi Wulandari dan Tutuko, Bambang dan Wulan, Mulyaning (2021) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Persistensi Laba, Risiko Sistematis, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8954/1/FEB_AKT_1602015082_PRAMEISY%20ANGGI%20WULANDARI%20PUTRI.pdf