<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik\r\nBruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana\r\nPihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di\r\nIndonesia"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nisbah bagi hasil, produk\r\ndomestik bruto, inflasi dan biaya promosi terhadap dana pihak ketiga pada Bank\r\nUmum Syariah di Indonesia.\r\nDalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel yang diteliti\r\nadalah nisbah bagi hasil, produk domestik bruto, inflasi dan biaya promosi\r\nsebagai variabel independen dan dana pihak ketiga sebagai variabel dependen.\r\nPopulasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun\r\n2010-2017. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan\r\nsampel yang diperoleh sebanyak 4 (empat) bank. Teknik pengolahan dan analisis\r\ndata yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji\r\nasumsi klasik, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan\r\nmenggunakan software statistik yaitu program SPSS for windows version 22.0\r\nIBM.\r\nBerdasarkan hasil analisis akuntansi mengindikasikan bahwa pengaruh nisbah\r\nbagi hasil (X1) terhadap dana pihak ketiga (DPK) (Y) yaitu berpengaruh negatif\r\ndengan nilai persentase sebesar 56,25%. Pengaruh produk domestik bruto (X2)\r\nterhadap dana pihak ketiga yaitu berpengaruh positif dengan nilai persentase\r\nsebesar 87,50%. Pengaruh inflasi (X3) terhadap DPK (Y) yaitu tidak berpengaruh\r\ndengan nilai persentase sebesar 56,25%. Pengaruh biaya promosi (X4) terhadap\r\nDPK (Y) yaitu berpengaruh positif dengan nilai persentase sebesar 53,125%, dan\r\nsecara simultan berpengaruh positif dengan nilai persentase sebesar 53,125%.\r\nHasil analisis regresi linear berganda yang diperoleh persamaan Ŷ = -11,724\r\n- 0,566 X1 + 0,004 X2 + 0,616 X3 + 0,345 X4. Hasil uji klasik menunjukan bahwa\r\nresidual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi\r\nheteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokolerasi, sehingga model regresi yang\r\ndiperoleh telah memenuhi kriteria Best Linier Unbiased Estimator (BLUE) atau\r\nmodel regresi dengan estimasi yang tidak bisa dan layak untuk memprediksi\r\nvariabel dependen.\r\nHasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai adjusted R-square sebesar\r\n0,454 artinya 45,4% variabel dana pihak ketiga dapat dijelaskan oleh variabel\r\nnisbah bagi hasil, produk domestik bruto, inflasi dan biaya promosi sedangkan\r\nsisanya 54,6 % secara teoritis dapat disebabkan oleh variabel lain yang tidak\r\ndimasukan dalam penelitian ini seperti Return Of Assets (ROA), non-performing\r\nfinancing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR).\r\nHasil uji t menunjukkan bahwa variabel nisbah bagi hasil berpengaruh dan\r\ntidak signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai\r\nsignifikan 1,09 > 0,050 dengan nilai thitung sebesar -1,656 > ttabel sebesar -2,051.\r\nVariabel produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap dana\r\npihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,003 <\r\n0,050, sedangkan nilai thitung sebesar 3,297 > ttabel sebesar 2.051. Variabel inflasi\r\nberpengaruh tidak signifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dapat\r\ndibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,645 > 0,050, sedangkan nilai thitung\r\n0,466 < ttabel sebesar 2,051. Variabel biaya promosi berpengaruh positif dan\r\nsignifikan terhadap dana pihak ketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai 0,001\r\n< 0,050, sedangkan thitung sebesar 3,589 > ttabel sebesar 2,051. Adapun secara\r\nsimultan (uji F) menunjukan bahwa nisbah bagi hasil, produk domestik bruto,\r\ninflasi dan biaya promosi secara simultan berpengaaruh terhadap dana pihak\r\nketiga, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050 dan\r\nnilai Fhitung sebesar 7,445 > Ftabel 2,96.\r\nSetelah dilakukan penelitian bagi para bank syariah , sebaiknya meningkatkan\r\ntingkat bagi hasil yang diperoleh nasabah, agar bertambahnya nasabah untuk\r\nmenginvestasikan dananya kepada bank syariah dan secara langsung akan\r\nmeningkatkan pembiayaan atas dana pihak ketiga. Melakukan peningkatan atas\r\nnisbah bagi hasil, dan meningkatkan promosi yang ada, agar para calon nasabah\r\ntau apa saja keuntungan dari menginvestasikan dananya kepada bank syariah\r\ntersebut.\r\nPada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variable\r\nindependen lainnya yang lebih relevan, agar mendapatkan hasil penelitian yang\r\nlebik. Sedangkan sampel dari penelitian ini hanya berasal dari bank umum syariah\r\ndevisa saja. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan bank\r\nsyariah yang lebih banyak sehingga dapat menarik kesimpulan dari hasil temuan\r\nuntuk seluruh bank syariah yang ada di Indonesia"^^ . "2021-07-13" . . . "Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA"^^ . . . "Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA"^^ . . . . . . . . . . . . . . . "Silmi"^^ . "Kaffah"^^ . "Silmi Kaffah"^^ . . "Tukirin"^^ . "Tukirin"^^ . "Tukirin Tukirin"^^ . . "Zulpahmi"^^ . "Zulpahmi"^^ . "Zulpahmi Zulpahmi"^^ . . . . . . "Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik\r\nBruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana\r\nPihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di\r\nIndonesia (Text)"^^ . . . "FEB_AKT_1402025131_SILMI.pdf"^^ . . . "Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik\r\nBruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana\r\nPihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di\r\nIndonesia (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #8844 \n\nPengaruh Nisbah Bagi Hasil, Produk Domestik \nBruto, Inflasi, dan Biaya Promosi Terhadap Dana \nPihak Ketiga Pada Bank Umum Syariah Di \nIndonesia\n\n" . "text/html" . . . "HG Finance"@en . .