eprintid: 8843 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/00/88/43 datestamp: 2021-07-15 15:33:57 lastmod: 2022-06-18 03:35:38 status_changed: 2022-06-18 03:35:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pajriyanti, Nurvita creators_name: Zulpahmi, Zulpahmi creators_name: Sumardi, Sumardi creators_id: zulpahmi@uhamka.ac.id creators_id: sumardi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility ispublished: pub subjects: HD28 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018). Dalam penelitian ini, menggunakan metode eksplanasi, dimana variabel yang diteliti adalah Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel independen dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang dimana menelaah laporan keuangan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari ke-5 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = -0,138 + 0,134 X1+ 0,037 X2, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linear Unbiased Estimator (BLUE). Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar 60,8%, menunjukkan bahwa hubungan antara variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dengan variabel corporate social responsibility adalah sangat kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat dijelaskan 60,8%, variasi variabel corporate social responsibility, sedangkan sisanya 39,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas terhadap corporate social responsibility terdapat pengaruh, dengan signifikansi sebesar 0,023 < 0,050, pengujian secara persial antara variabel ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility terdapat pengaruh, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility, dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,050. Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang menjadi sampel dalam penelitian, jika ingin meningkatkan corporate social responsibility harus memperhitungkan komposisi-komposisi dari return on asset dan size karena return on asset dan size dalam penelitian ini secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility date: 2021-07-13 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astri Puspitaningtyas. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Semarang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro. A.B. Susanto. (2009). Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan strategic management dalam CSR. Jakarta: Esensi Erlangga Group. Agus Sartono. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Apikasi, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE. Ashbough, H., Collin D., dan Laford R. (2009). Corporate Governance the Cost of Equity Capital. Working Paper, University of Lowa. Bambang Riyanto. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, edisi ke-4.Yogyakarta: BPFE. Belkaoui, Ahmed. (2011). Accounting Theory: Teori akuntansi, Edisi ke-5. Jakarta: Salemba Empat. Brigham, Eugene F dan Daves, Philip R. (2009). Intermediate Financial Management, 8 th Edition. South-Western : Thomson. Busyra Azheri. (2012). Corporate Social Resposibility : dari voluntary menjadi mandatory. Jakarta : Rajawali Pers. Cahrles, T. Horngren dan Walter T. Harrison. (2012). Akuntansi Jilid I, Edisi ke-7. Jakarta: Erlangga. Candrarin, Grahita. (2017). Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta : Salemba Empat. Dian Edi Sasongko. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Diclosure. Skripsi. Malang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Muhammadiyah. Edi Suharto. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : Refika Aditama. Ely Suhayati dan Sri Dewi Anggadini. (2009). Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Garrison, H. Ray, Eric W. Noreen, dan Peter C. Brewer. (2010). Akuntansi Manajerial. Terjemahan : A. Totok Budisantoso. Jakarta : Salemba Empat. Harahap, Sofyan Syafri. (2010). Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hendri Orojali Zadeh dan Alireza Eskandari. (2012). Company Size As Corporate Characteristics and Level of Risk Disclosure: Review of Theory and Literature. In International Journal of Business and Social Knowledge Vol. 3 No.17. malaysia. International Business Student. University of Technology Malaysia. Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK. Cetakan Ke-4, Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat. Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana. Nor Hadi. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu. Nurul Kusuma Wardani. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Coorporate Sosial Responsibility Terdaftar di BEI. Skirpsi. Semarang. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi : Universitas Diponegoro. Okky Hendro Subiantoro. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Vol. 4 No. 9 Tahun 2015. Skripsi. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Reeve, James M., Carl S. Warren, dan Jonathan E. Duchac. (2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat. Robbins, Stephen P dan Coulter, Mary. (2010). Manajemen, Edisi ke-10. Jakarta : Erlangga. Sukmawati Safitri Dewi. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Theodorus M. Tuanakotta. (2011). Teori Akuntansi. Jakarta :LPFE UI. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta :Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika Weygandt, Jerry J., Kieso, Donald E dan Kimmel, Paul D.(2011). Accounting Principles : Pengantar Akutansi, Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Salemba. Wibisono, Yusuf. (2009). Membedah Konsep & Aplikasi CSR Corporate Social Responsibility. Gresik: Fasco Publishing. Peraturan Perundang-undangan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang perseroan terbatas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15 tentang penanaman modal. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 pasal 47 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan. citation: Pajriyanti, Nurvita dan Zulpahmi, Zulpahmi dan Sumardi, Sumardi (2021) Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8843/1/FEB_AKT_1402025100_NURVITA%20PAJRIYANTI.pdf