eprintid: 8782 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 2335 dir: disk0/00/00/87/82 datestamp: 2021-07-12 12:53:13 lastmod: 2021-07-12 12:53:13 status_changed: 2021-07-12 12:53:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hadi, Rizky Septian Hadi creators_name: M.Nurrasyidin, Nurrasyidin creators_name: Zulpahmi, Zulpahmi creators_id: mnurrasyidin@uhamka.ac.id creators_id: zulpahmi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Ukur Penilaian Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng ispublished: unpub subjects: HF5601 divisions: Akuntansi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja rumah sakit dengan alat ukur balance scorecard yang berisi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dimana metode ini diterapkan untuk mendeskripsikan adanya suatu kinerja perusahaan menggunakan balance scorecard. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas data dan uji reliabilitas. Uji validitas dilakukan dengan tujuan melihat sejauh mana akurasi dari suatu alat ukur. Sedangkan uji reliabilitas untuk mengetahui konsistensi alat ukur terhadap suatu pengukuran. Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS versi 23.0 perspektif pelanggan dengan tingkat signifikan 5% maka didapat rtabel 0,1996. Sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan didapat rtabel 0,2108 dan semua hasilnya menunjukan rhitung > rtabel maka pertanyaan tersebut dinyatakan valid. Sedangkan dari uji reliabilitas perspektif pelanggan menunjukan nilai sebesar 0,669. Untuk perspektif proses bisnis internal menunjukan nilai 0,753 dan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebesar 0,653. Semua hasil uji reliabilitas menunjukan angka >0,60 maka jawaban dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng ditinjau dari : perspektif keuangan adalah cukup baik dikarenakan perhitungan terhadap current ratio, rasio modal sendiri terhadap total aset dan vii collection period mengalami peningkatan kinerja. Akan tetapi perhitungan terhadap total asset turnover, cost recovery rate, dan return on equity yang belum menunjukan peningkatan kinerja. Sedangkan perspektif pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan rumah sakit dengan indeks kepuasan pelanggan sebesar 4.638 . Perspektif proses bisnis internal menunjukan cukup puas karena indeks yang dapat dicapai hanya 2.004. Sedangkan pengukuran BOR, ALOS, TOI, dan BTO berada dalam standar ideal. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dikatakan puas karena menunjukan indeks kepuasan karyawan yang diperoleh dari penyebaran kuesioner adalah 3.768. Berdasarkan penjelasan di atas peneliti memberikan saran-saran kepada rumah sakit agar lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa yang diberikan. Agar rumah sakit nantinya dapat mencapai surplus date: 2021-07-08 date_type: submitted full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Azhar Susanto. (2012). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya. Azrul Azwar. (2013). Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat. Duwi Priyatno. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta : Andi. Hanif, Nadia., Zafar Ahmad., Sadia Farooq., dan Hasan Farid. (2014). Balanced Scorecard as a Spontaneous Performance Measurement Tool: A Case of Insurance Companies in Pakistan. Volume 2 Number 2 July 2014 E-ISSN: 2162-3082. Pakistan : Department of Accountancy University of the Punjab Lahore. Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen. (2012). Akuntansi Manajerial. Jakarta : Salemba Empat. Hendra Priyanto. (2014). Evaluasi Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Usaha Pada PT Hero Supermarket, Tbk. Skripsi. Jakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA I Gede Agus Arista. (2014). Penilaian Kinerja PDAM Kota Denpasar dan PDAM Kabupaten Badung Berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Akuntansi (JA) Vol. 12 No. 2 halaman 328-338 Agustus 2015. Bali : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Indra Bastian. (2014). Akuntansi Kesehatan. Jakarta : Erlangga. ___________. (2014). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga. Kaplan, Robert S., dan David P. Norton. (2012). The Balanced Scorecard. Jakarta : Erlangga. Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Kristianigsih Trihastuti. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Balance Scorecard pada Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo. Skripsi. Semarang : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Lili. M. Sadeli dan Bedjo Siswanto. (2014). Akuntansi Manajemen : Sistem, Proses, dan Pemecahan Soal (Edisi Pertama). Jakarta : Bumi Aksara. Lusi Setyandarini Surya. (2013). Analisis Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Koperasi XYZ. Jurnal Akuntansi (JA) Vol. 8 No. 2 halaman 279-293 Agustus 2014. Bali : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Mahirot Tua Efendi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo. Mahsun, Mohammad. (2016). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogjakarta : BPFE. Mardiasmo. (2013). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi Offset. Meldona. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang : Malang Press. Mulyadi. (2013). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat. Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty. Ragil Kusuma Wardani. (2014). Menerapkan Balance Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja Organisasi. Jakarta : Rajawali Press. Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/Menkes/Per/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Indonesia : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Reszki Nofrald Latendengan. (2013). Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Penilaian Kinerja pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makasar. Skripsi. Makasar : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makasar. Rudianto. (2013). Pengantar Akuntansi (Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan). Jakarta: Erlangga. Simamora, Henry. (2012). Akuntansi Manajemen (Edisi 3). Riau : Star Gate Publisher. Siregar, Sofian. Sony Yuwono dan Edi Sukarno. (2014). Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta. Tim Penyusun. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Vincent Gazperz. (2012). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balance Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Wiku Adisasmito. (2015). Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta : Raja Grafindo Persada. http://www.depkes.go.id/ http://www.rsudcengkareng.com/ citation: Hadi, Rizky Septian Hadi dan M.Nurrasyidin, Nurrasyidin dan Zulpahmi, Zulpahmi (2021) Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Ukur Penilaian Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8782/1/FEB_AKT_1202025046_RIZKY%20SEPTIAN%20HADI.pdf