%T Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur %L repository8673 %A Endira Putri Aminia %A Lelly Qodariah %A Engkus Kusnadi %X Model Cooperative Learning tipe STAD merupakan satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pembelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran STAD kelas V di SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 52 siswa yaitu kelas V A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan V B berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Fisher. Pada kelompok kontrol, pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,881 dan kelompok eksperimen didapat Lhitung = 0,9292, sedangkan Ltabel = 0,1705. Dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (52). Karena Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan data kelompok eksperimen berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji – t diperoleh thitung = 9,424 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (52) karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji-t yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Cooperative Learning Dengan Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. %I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA %D 2020