eprintid: 8123 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1552 dir: disk0/00/00/81/23 datestamp: 2021-04-05 10:45:20 lastmod: 2021-04-05 10:45:20 status_changed: 2021-04-05 10:45:20 type: article metadata_visibility: show creators_name: IRDALISA, IRDALISA creators_id: irdalisa@uhamka.ac.id title: Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP 1 Delima ispublished: pub subjects: AS divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada konsep ekskresi di SMP, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu pendekatan yang menggambarkan hubungan antara variable. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas SMP Negeri 1 Delima yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode kooperatif tipe jigsaw dan kelas SMP Negeri 1 Delima berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode Konvensional.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep ekskresi yang diajarkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan penerapan metode pembelajaran konvensional, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada konsep ekskresi di kelas date: 2018-04 date_type: published full_text_status: public publication: Jurnal Sosial Humaniora volume: 1 number: 1 pagerange: 1-98 refereed: TRUE citation: IRDALISA, IRDALISA (2018) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP 1 Delima. Jurnal Sosial Humaniora, 1 (1). pp. 1-98. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8123/1/jurnal%20efektifitas.pdf