%0 Book Section %A Connie Chairunnisa, Connie %A Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA, %B Prosiding Lembaga Penelitian dan Pengembangan %C Jakarta %D 2015 %E Sunarta, Sunarta %F repository:738 %I LEMLIT UHAMKA %T ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSI BAGI MASA DEPAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/738/ %X Penelitian ini untuk menganalisis strategi manajemen pendidikan yang lebih efektif di sekolah inklusi yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Fokus penelitian ini adalah manajemen sekolah inklusi, proses pembelajaran, strategi pendidikan, profil anak berkembutuhan khusus serta latar belakang orang tua siswa. Hasil analisis penelitian ini untuk mengembangkan strategi pendidikan yang lebih efektif di sekolah inklusi, sehingga output nya jelas bagi anak berkebutuhan khusus yang tingkat ketunaannya masih bisa dimasukan ke dalam sekolah inkllusi, juga untuk memberikan informasi lebih jauh,kepada pemerintah dan masyarakat atas ketidak berhasilannya sekolah inklusi di Indonesia pada umumnya dan di Jakarta pada khususnya .Hal ini menjadi kendala dalam mewujudkan harapan masa depan yang lebih baik bagi anak berkebutuhan khusus, agar mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, dan juga dapat diterima di tengah-tengah masyarakat, khususnya dunia usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif fenomenologi, dengan studi kasus cross sectional, dengan model analisis menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan tiga hasil utama, yang pertama menunjukkan bahwa strategi manajemen pendidikan masih menggunakan pola reguler bukan strategi manajemen pendidikan sekolah inklusi. Kedua profil siswa inklusi di bawah standar sekolah inklusi, yang seharusnya masuk sekolah luar biasa (SLB). Ketiga latar belakang orang tua siswa berkebutuhan khusus menyekolahkan anaknya di sekolah inklusi karena tidak ada pilihan lain. Beberapa rekomendasi untuk optimalisasi sekolah inklusi juga disediakan dalam penelitian ini.