eprintid: 5863 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1937 dir: disk0/00/00/58/63 datestamp: 2021-03-01 08:03:53 lastmod: 2021-03-01 08:03:53 status_changed: 2021-03-01 08:03:53 type: article metadata_visibility: show creators_name: Kusumawati, Erna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Implementasi Customer Relationship Management pada Industri Pendidikan: Studi Kasus Pada Akademi Pariwisata ispublished: pub subjects: A divisions: fac_med abstract: Persaingan pada industri pendidikan semakin terasa, sehingga diberlakukan pengelolaan terhadap customer relationship. Paradigma dan cara berpikir industri pendidikan tidak lagi didominasi pada bagaimana mendapatkan siswa didik baru, tetapi berkembang kepada bagaimana mempertahankan pelanggan lama. Menelaah fenomena masalah pada industri pendidikan maka dilakukan penelitian terkait hubungan customer relationship management dan customer lifetime value. Penelitian dilakukan pada industri pendidikan, dimana orang tua siswa menjadi konsumen yang dikaji dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan survei kepada 100 orang tua murid Sekolah Pariwisata yaitu Akademi Pariwisata HNI di Kota Bandung, Indonesia. Kajian dilakukan melalui analisis regresi dan data didapat secara kuantitatif melalui kuesioner. Hasil penelitian ditemukan bahwa customer relationship management yang dilakukan oleh sekolah memiliki dampak berarti pada peningkatan customer lifetime value. Orang tua akan memberikan rekomendasi terhadap investasi pendidikan kepada keluarga dan kolega bila merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan oleh sekolah. Penelitian ini tentunya bermanfaat untuk industri pendidikan yang memiliki kecenderungan lifetime value dari konsumen. Dimana pada prinsipnya orang tua sebagai konsumen sekolah yang menentukan pendidikan untuk anaknya membutuhkan kenyamanan yang salah satunya dari implementasi customer relationship management. date: 2021 date_type: completed publisher: Program Sarjana Pariwisata Universitas International Batam official_url: https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/index full_text_status: public publication: Jurnal Pariwisata Indonesia (ALTASIA) volume: 3 number: 1 pagerange: 1-8 refereed: TRUE issn: 2655-965X citation: Kusumawati, Erna (2021) Implementasi Customer Relationship Management pada Industri Pendidikan: Studi Kasus Pada Akademi Pariwisata. Jurnal Pariwisata Indonesia (ALTASIA), 3 (1). pp. 1-8. ISSN 2655-965X document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5863/1/Erna%20K_Jurnal%20Altasi_Customer%20Relationship%20Management_2021.pdf