eprintid: 5759 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2176 dir: disk0/00/00/57/59 datestamp: 2021-02-27 03:42:33 lastmod: 2021-02-27 03:42:33 status_changed: 2021-02-27 03:42:33 type: article metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Oktarina Dwi creators_id: oktarina2h@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-4049-1022 title: Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini ispublished: pub subjects: 7 subjects: A divisions: fac_med keywords: pendidikan anak usia dini; orang tua; belajar dari rumah abstract: Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan pada pelaksanaan pendidikan yang sedianya dilakukan secara tatap muka, disesuaikan melalui kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Pelaksanaan BDR yang tidak direncanakan sebelumnya oleh pendidik, peserta didik dan orang tua mendatangkan berbagai tantangan. Oleh karena itu peneliti hendak melihat persepsi orang tua terhadap pelaksanaan BDR pada anak usia 5-6 tahun pada PAUD di kota Bekasi. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang sudah tervalidasi selanjutnya melaksanakan penghimpunan data melalui google form. Data yang telah dihimpun diolah menggunakan program SPSS dengan analisis data chi square untuk melihat hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil bahwa pelaksanaan BDR pada PAUD di kota Bekasi mendapatkan persepsi positif dari orang tua dipengaruhi oleh faktor; perencanaan pembelajaran yang disusun, media dan bahan ajar yang digunakan serta penilaian yang dilaksanakan oleh pendidik. Melalui penelitian ini memberikan gambaran bahwa pelaksanaan BDR pada PAUD dipengaruhi oleh kesiapan dan sumber daya yang dimiliki oleh lembaga PAUD, peserta didik dan orang tua murid. date: 2021-01-09 date_type: published publisher: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai official_url: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/index id_number: 10.31004/obsesi.v5i2.975 full_text_status: public publication: Obsesi volume: 5 number: 2 pagerange: 1754-1763 refereed: TRUE issn: 2549-8959 related_url_url: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/975/pdf related_url_type: pub referencetext: Ardoin, N. M., & Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. In Educational Research Review (Vol. 31, Nomor November 2019, hal. 100353). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353 Barat, P.-P. dan D. J. (2017). Modul konsep dasar pendidikan anak usia dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat. Berman, N. M. (2019). Developmentally Appropriate Communication. In A Guide to Mastery in Clinical Nursing. https://doi.org/10.1891/9780826150325.0257 Bersama Hadapi Korona. (n.d.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/ Blackwell, C. K., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2016). The influence of TPACK contextual factors on early childhood educators’ tablet computer use. Computers and Education, 98, 57–69. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.02.010 Covid-, T., Speech, H., Citizenship, D., & Response, E. (2020). COVID-19 Education Response Webinar. July, 1–4. Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26 Donohue, C. (2014). Technology and Digital Media in the Early Years: Tools for Teaching and Learning. A Co-Publication of Routledge and NAEYC. Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8 Hamdi, A. S., & E.Bahruddin. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. deepublish. Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522 Harper, E., & Wilson, R. (2020). Work in early childhood education: Protocol of a systematic review. International Journal of Educational Research, 103(February), 101622. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101622 Heong, Y. M., Sern, L. C., Kiong, T. T., & Binti Mohamad, M. M. (2016). The Role of Higher Order Thinking Skills in Green Skill Development. MATEC Web of Conferences, 70. https://doi.org/10.1051/matecconf/20167005001 Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530 Kelley-Quon, L. I. (2018). Surveys: Merging qualitative and quantitative research methods. Seminars in Pediatric Surgery, 27(6), 361–366. https://doi.org/10.1053/j.sempedsurg.2018.10.007 Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.975 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2) 2021 | 1763 Kemendikbud. (2020). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kabupaten/Kota : Kab. Jember Berdasarkan Jenis SD/MI. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sd.php?kode=052400&level=2 Kementrian Riset Teknologi dan PendidikanTinggi. (2016). Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia Pembelajaran berbasis Teknologi Group growth Individual growth. Ministry of Research, Technology, & Higher Education, 1–21. Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303 Manju, M. A., Candel, M. J. J. M., & van Breukelen, G. J. P. (2020). Robustness of costeffectiveness analyses of cluster randomized trials assuming bivariate normality against skewed cost data. Computational Statistics & Data Analysis, 107143. https://doi.org/10.1016/j.csda.2020.107143 Nah, K. O., & Kwak, J. I. (2011). Child assessment in early childhood education and care settings in South Korea. Asian Social Science, 7(6), 66–78. https://doi.org/10.5539/ass.v7n6p66 Pellegrini, A. D. (2001). Practitioner review: The role of direct observation in the assessment of young children. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 42(7), 861–869. https://doi.org/10.1017/S002196300100765X Rahmawati, D. I., & Rukiyati, R. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years. 249(Secret), 60–69. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10 Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082 Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609 Wijayanti, R. M., Fauziah, P. Y., Anak, P., Dini, U., Yogyakarta, U. N., Sekolah, P. L., & Yogyakarta, U. N. (2021). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768 Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi. Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489 citation: Handayani, Oktarina Dwi (2021) Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Obsesi, 5 (2). pp. 1754-1763. ISSN 2549-8959 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/5759/1/975-5155-2-PB%20%284%29.pdf