%I Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA %N 1 %L repository5515 %A Amalia Amalia Mukaromah %A Onny Onny Fitriana %D 2016 %T Komunikasi Eksternal Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi eksternal di Divisi Humas Polri. Penelitian ini mengambil data dari tiga informan yaitu kepala sub bagian berita bagian penerangan umum biro penerangan masyarakat Divisi Humas Polri, kepala bagian pelayananan informasi dan dokumentasi biro pengelola informasi dokumentasi Divisi Humas Polri, dan perwira administrasi bagian pelayananan informasi dan dokumentasi. Dalam penelitian yang dilakukan peneliti, sampel dan sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi eksternal pada Divisi Humas Polri terbagi menjadi dua jalur terdiri dari (1) komunikasi dari organisasi kepada khalayak yaitu bersifat informatif yang disesuaikan dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang disampaikan melalui beberapa kegiatan dan dengan menggunakan media. Keterbukaan instansi dilakukan untuk mendapat bentuk kepercayaan publik terhadap instansi; (2) Komunikasi dari khalayak kepada organisasi yaitu Divisi Humas Polri mendapatkan feedback serta opini dari masyarakat berupa tanggapan yang negatif maupun positif dengan mengamati media massa, media online, kegiatan yang dilakukan Humas Polri dan sumber-sumber yang dapat dipercaya atas kebijakan yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Republik Indonesia dan informasi yang disampaikan Divisi Humas Polri. Kata Kunci: Komunikasi Eksternal, informasi, umpan balik, opini %J Jurnal Utilitas %V 2 %P 30-38