%V 1 %I UHAMKA Press %P 1-12 %N 1 %X Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Ketahanmalangan Guru, Motivasi Kerja Guru terhadap Ketahanmalangan dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru. Penelitian menggunakan metode survey, dengan pendekatan analisis jalur. Populasi berjumlah 81 guru, dengan teknik pengampilan sampel random sampling, diperoleh sampel sebanyak 62 guru. Instrumen penelitian berupa angket dengan model Skala Likert. Keterandalan instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Ketahanmalangan Guru (X3) dengan persamaan regresi Y3 = 9,871 + 0,916 X1 Koefisien diterminasi sebesar 0,5913 (34,96%) dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,767 pada taraf a = 0,05;2) terdapat pengaruh positif Motivasi Kerja (X2) terhadap Ketahanmalangan guru (X3) dengan persamaan regresi Y3 = 6,36 + 0,915 X2 koefisien diterminasi sebesar 0,7534 (56,76%) dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,853 pada taraf a=0,05;3) terdapat pengaruh gaya Kepemimpinan (X1) terhadap motivasi kerja (X2) dengan persamaan regresi Y2=3,630 + 0,915 X1 koefisien diterminasi sebesar 0,3624 (13,13%) dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,602 pada taraf a=0,05. secara garis besar, gaya kepemimpinan mempunyai dampak terhadap motivasi kerja dan ketahanmalangan guru. Kata kunci : gaya kepemimpinjan, ketahanmalangan, motivasi kerja %A Astutu Sri Astuti %T Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Ketahanmalangan Guru SMKN di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat %D 2012 %L repository527 %J Jurnal Kepemimpinan Pendidikan