%0 Journal Article %@ 2086-2881 %A Sri Astuti, Astuti %D 2013 %F repository:526 %I UHAMKA Press %J Jurnal Kepemimpinan Pendidikan %N 1 %P 58-89 %T Implementasi Manajemen Sekolah Inklusif %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/526/ %V 2 %X Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mencari format baru dengan tujuan memperbaiki pelaksanaan manajemen pendidikan inklusif di SDN Klender 03 Pagi, sehingga diperoleh hasil yang optimal dalam melayani anak berkebutuhan khusus (ABK). Fokus penelitian ini adalah "Bagaimana implementasi manajemen sekolah inklusif di SDN Klender 03 Pagi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur-DKI Jakarta agar diperoleh hasil optimal dalam melayani anak berkebutuhan khusus" dengan melakukan analisis terhadap manajemen sekolah inklusif, meliputi manajemen kesiswaan, kurikulum, tenaga pendidikn dan kependidikan, pembelajaran, penilaian, pembiayaan, sarana dan prasarana, dan pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan inklusif. Penelitian dilakukan melalui studi kasus bagian dari metode penelitian kualitatif. sumber informasi adalah Kepala Sekolah, guru-guru, peserta didik, masyarakat, orang tua murid dan Komite sekolah. data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen dan observasi. setelah cross check data primer dari literature yang ada, dilakukan konfirmasi. Temuan Penelitian dideskripsikan, divalidasi dengan melakukan triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen sekolah inklusif belum efektif, pelayanan pada anak berkebutuhan khsusu belum optimal dan tidak sesuai dengan kekhususannya. Penyelenggaraan manajemen sekolah inklusif harus diperbaiki. sebagai solusi, bidang-bidang dalam manajemen sekolah inklusif agar segera dibenahi sehingga pelaksanaannya menjadi efektif dengan hasil optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menuntaskan wajib belajar dua belas tahun serta mewujudkan pendidikan untuk semua dapat terlaksana Kata Kunci: Manajemen Sekolah Inklusif