TY - JOUR TI - Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google Classroom UR - https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi EP - 17 SN - 2087-7064 Y1 - 2020/12/11/ SP - 1 A1 - M.Arifin, Rahmanto PB - Fakultas Agama Islam, UHAMKA VL - Vol. 2 AV - public IS - 1 N2 - Tuntutan zaman dan kebijakan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai COVID- 19 yaitu dengan cara pembelajaran yang dilakukan secara daring, menyebabkan guru dan dosen diwajibkan untuk memanfaatkan teknologi berbasis digital, salah satunya adalah Google classroom. Penggunaan Aplikasi Google classroom memiliki beberapa kelemahan, seperti hanya dapat diakses oleh akun google dan tidak adanya pemberitahuan bahwa materi yang disampaikan telah dibaca sepenuhnya oleh peserta didik, sehingga efektivitas Google classroom masih diragukan. Tujuan diadakannya penulisan ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring melalui Google classroom pada mata kuliah praktikum administrasi pendidikan. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data penulisan ini melalui wawancara untuk menghasilkan data primer. Hasil penulisan ini adalah Google classroom efektif digunakan pada mata pelajaran praktikum administrasi pendidikan karena mahasiswa dan dosen mudah untuk mengakses sesuai dengan kebutuhan perkuliahan. Efektifitas Perkuliahan Praktikum Administrasi Pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa yang semakin meningkat setiap harinya melalui tugas dan kuis. Kata Kunci : Aplikasi, googleclassrom, Pembelajaran, Daring JF - Jurnal Pendidikan Islam ID - repository5135 ER -