eprintid: 513 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 587 dir: disk0/00/00/05/13 datestamp: 2018-07-02 05:29:16 lastmod: 2018-07-02 05:29:16 status_changed: 2018-07-02 05:29:16 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ernawati, Ernawati creators_id: ernawati.pep@uhamka.ac.id title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA melalui pendekatan CONTEXTUAL teaching AND learning (CTL) pada murid kelas V SDN GUNUNG SARI II RAPPOCINI MAKASSAR ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1501 abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action researsh) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V SDN Gunung Sari II Rappocini Makassar. Tindakan yang diterapkan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk materi pembelajaran Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia. Subjek penelitian adalah murid kelas V SDN Gunung Sari II Rappocini Makassar yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, mulai bulan Agustus 2010 sampai bulan Oktober 2010. Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan "tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengamati proses penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA di kelas, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar murid setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). date_type: published publisher: Universitas Negeri Medan official_url: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/index full_text_status: public publication: Jurnal Tematik volume: 1 number: 1 pagerange: 1-14 refereed: TRUE issn: p-ISSN:1979-6633 e-ISSN:2460-7738 citation: Ernawati, Ernawati PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA melalui pendekatan CONTEXTUAL teaching AND learning (CTL) pada murid kelas V SDN GUNUNG SARI II RAPPOCINI MAKASSAR. Jurnal Tematik, 1 (1). pp. 1-14. ISSN p-ISSN:1979-6633 e-ISSN:2460-7738 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/513/1/CTL.pdf