%0 Thesis %9 Bachelor %A ALISHA FARAH WARDHANI, ALISHA %A Gea Pandhita, Gea %A Yolanda Safitri, Yolanda %B PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER %D 2025 %F repository:48347 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %T HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN GAMBARAN KOGNITIF BERDASARKAN PEMERIKSAAN QEEG DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA TANGERANG %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/48347/ %X Penggunaan gadget yang semakin tinggi di kalangan remaja menimbulkan kekhawatiran terhadap dampaknya terhadap fungsi kognitif dan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan gambaran kognitif berdasarkan pemeriksaan Quantitative Electroencephalography (QEEG) dan prestasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Tangerang. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, melibatkan 49 responden yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Data intensitas penggunaan gadget diperoleh melalui kuesioner Internet Addiction Test (IAT), gambaran kognitif diukur melalui pemeriksaan QEEG, dan prestasi akademik berdasarkan nilai rapot. Hasil uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan gambaran kognitif (p = 0,036). Namun, hasil uji ANOVA menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan prestasi akademik (p = 0,773). Kesimpulan dari penelitian adalah intensitas penggunaan gadget berpengaruh terhadap aktivitas otak di area T3 yang berkaitan dengan fungsi memori verbal, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Kata kunci : Gadget, QEEG, Fungsi Kognitif, Prestasi Akademik, Remaja