eprintid: 47014 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 2314 dir: disk0/00/04/70/14 datestamp: 2025-08-05 01:10:33 lastmod: 2025-08-05 01:10:33 status_changed: 2025-08-05 01:10:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BRITHANIA, ZELVIRA SUSILO PUTRI creators_name: Gea Pandhita, Gea creators_name: Erlin Listiyaningsih, Erlin creators_id: geapandhita@uhamka.ac.id creators_id: erlin.soedarmo@gmail.com creators_orcid: 0000-0001-5206-2447 creators_orcid: 0000-0003-3966-6857 title: SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY ispublished: submitted subjects: R subjects: Skripsi divisions: 11201 abstract: Latar belakang: populasi siswa sekolah dasar mencapai separuh dari total seluruh populasi siswa di Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran yang efektif dibutuhkan pada siswa usia sekolah dasar. Pembelajaran efektif ditentukan oleh tingkat aktivitas kognitif siswa. Aktivitas kognitif dapat diukur menggunakan alat quantitative electroencephalography (qEEG). Untuk meningkatkan aktivitas kognitif, diperlukan pemberian stimulus berupa metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan sejak dahulu adalah ceramah konvensional (Lecturing). Pada revolusi era 4.0 metode pembelajaran bergeser kearah metode berbasis video (Video-based learning). Perbedaan tingkat konsentrasi dari gambaran qEEG dapat menentukan metode pembelajaran yang lebih efektif. Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah uji kuantitatif cross sectional dengan metode analisis paired T-test. Populasi yang diteliti merupakan anak usia sekolah dasar berjumlah 36 di Parung Serab. Pengambilan sampel dilakukan setelah orang tua siswa menandatangani formulir persetujuan. Perekaman dilakukan dengan memasang qEEG pada kepala subjek. Subjek diberi stimulus metode pembelajaran lecturing dan video-based learning. Hasil rekaman dikonversi menjadi z score dan dibandingkan antara dua metode pembelajaran. Hasil: terdapat perbedaan aktivitas kognitif siswa sekolah dasar yang bermakna berdasarkan gambaran qEEG menggunakan metode pembelajaran Lecturing dengan metode Video-based learning. Kata kunci: qEEG, lecturing, video-based learning date: 2024 date_type: submitted full_text_status: restricted pages: 37 institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER thesis_type: bachelor thesis_name: bphil citation: BRITHANIA, ZELVIRA SUSILO PUTRI dan Gea Pandhita, Gea dan Erlin Listiyaningsih, Erlin (2024) SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA ZELVIRA SUSILO PUTRI-REPOSITORY. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/47014/1/SKRIPSI-2010015016-BRITHANIA%20ZELVIRA%20SUSILO%20PUTRI-REPOSITORY.pdf