%0 Journal Article %@ 25033603 %A Mukhlish Muhammad Maududi, Mukhlish %D 2025 %F repository:44440 %I LP2M IAI Nazhatut Thullab Sampang Madura %J KABILAH (Journal of Social Community %N 1 %P 11-24 %T IDE KREATIF KONTEN PADA INSTAGRAM @cretivox UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI MEDIA KREATIF %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/44440/ %V 10 %X Penelitian ini mengkaji ide kreatif kontenpada Instagram @cretivox dalam mempertahankan eksistensi sebagai media kreatif di tengah persaingan industri digital yang semakin kompetitif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana ide kreatif yang diterapkan pada sebuah konten di Instagram @cretivox dapat mempertahankan eksistensi Cretivox sebagai media kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen kreatif yang digunakan dalam konten Cretivox serta memahami peran konten dalam membangun hubungan dengan audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cretivox secara konsisten menerapkan ide-ide kreatif konten yang mencerminkan empat fungsi komunikasi massa menurut Denis McQuail, yaitu informasi, korelasi, kontinuitas, dan hiburan. Penerapan ini terlihat melalui penggunaan hashtagsebagai brand identity, visual yang menarik, tone-of-voiceyangkhas, serta tema konten yang relevan untuk dapat membangun brand positioningyang kuat dan mempertahankan eksistensinya sebagai media kreatif