eprintid: 44353 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6634 dir: disk0/00/04/43/53 datestamp: 2025-06-30 01:44:43 lastmod: 2025-06-30 01:44:43 status_changed: 2025-06-30 01:44:43 type: other metadata_visibility: show creators_name: Edi Supriadi, edi creators_name: Andi Sessu, Sessu creators_id: edisupriadi@uhamka.ac.id creators_id: dr_andi_sessu@yahoo.com title: Melampaui Angka: Transformasi Pembelajaran Pecahan Melalui Latihan Terbimbing Berbasis Alat Peraga pada Siswa Kelas IV ispublished: pub subjects: ZA4450 abstract: Materi pecahan seringkali menjadi sumber kesulitan peserta didik karena sifatnya yang abstrak dan rentannya miskonsepsi. Meskipun penggunaan alat peraga dan model latihan terbimbing lebih terbukti efektif secara terpisah dalam pembelajaran, integrasi keduanya secara sistematis dalam konteks pecahan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengkaji hasil belajar pecahan peserta didik. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Nonequvalent Control Group Desain), 40 peserta didik kelasV di Kabupaten Kuningan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan pos-test. Hasil analisis menunjukan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini membuktikan bahwa model terintegrasi secara efektif meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan. Kontribusi penelitian ini adalah mengisi kesenjangan literatur dan memberikan rekomendasi kuat untuk pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang lebih efektif dan bermakna Kata kunci : Alat Peraga Matematika, Hasil BelajarMatematika,Latihan Terbimbing, Pecahan,Sekolah Dasar date: 2025-06-28 publisher: uhamka official_url: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/ijopme/article/view/19384 full_text_status: public place_of_pub: nternational Journal of Progressive Mathematics Education citation: Edi Supriadi, edi dan Andi Sessu, Sessu (2025) Melampaui Angka: Transformasi Pembelajaran Pecahan Melalui Latihan Terbimbing Berbasis Alat Peraga pada Siswa Kelas IV. uhamka, nternational Journal of Progressive Mathematics Education. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/44353/2/melampaui%20angka_....pdf