%L repository44353 %A edi Edi Supriadi %A Sessu Andi Sessu %I uhamka %T Melampaui Angka: Transformasi Pembelajaran Pecahan Melalui Latihan Terbimbing Berbasis Alat Peraga pada Siswa Kelas IV %X Materi pecahan seringkali menjadi sumber kesulitan peserta didik karena sifatnya yang abstrak dan rentannya miskonsepsi. Meskipun penggunaan alat peraga dan model latihan terbimbing lebih terbukti efektif secara terpisah dalam pembelajaran, integrasi keduanya secara sistematis dalam konteks pecahan masih terbatas. Penelitian ini bertujuan mengkaji hasil belajar pecahan peserta didik. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Nonequvalent Control Group Desain), 40 peserta didik kelasV di Kabupaten Kuningan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan pos-test. Hasil analisis menunjukan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini membuktikan bahwa model terintegrasi secara efektif meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan. Kontribusi penelitian ini adalah mengisi kesenjangan literatur dan memberikan rekomendasi kuat untuk pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang lebih efektif dan bermakna Kata kunci : Alat Peraga Matematika, Hasil BelajarMatematika,Latihan Terbimbing, Pecahan,Sekolah Dasar %C nternational Journal of Progressive Mathematics Education %D 2025