eprintid: 44014 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1956 dir: disk0/00/04/40/14 datestamp: 2025-05-05 00:24:30 lastmod: 2025-05-05 00:24:30 status_changed: 2025-05-05 00:24:30 type: article metadata_visibility: show creators_name: Abdul, Khohar creators_name: Bayujati, Prakoso creators_name: Farida, Hariyati creators_name: Andys, Tiara creators_id: abdulkhohar@uhamka.ac.id title: TRACER STUDY LULUSAN 2022 ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA ispublished: pub subjects: ZA4050 divisions: 70201 abstract: Penelitian ini merupakan hasil survei tracer study lulusan 2022 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Hasil menunjukkan 39% ikut andil pengisian tracer study, artinya bahwa kurang mencapai target yang ditetapkan 50%. Lalu, pada sisi tempat lulusan besar terdapat 64% bekerja di Perusahaan Swasta, lalu kesesuaian bidang ilmu dengan pekerjaan menunjukkan 58% (Sedang), 38% (Tinggi), 4% (Rendah). Hal ini menandai sebagian besar relevan antara bidang ilmu dengan dunia pekerjaan. Namun, dari sisi aspek lainnya, 70% praktikum saat kuliah menunjang pekerjaan bagi lulusan 2022, dan 21% (Rendah)/tidak menunjang pekerjaan lulusan. Aspek-aspek luaran tracer study ini dapat menjadi evaluasi menyeluruh; praktikum, kurikulum dan aspek perkuliahannya. date: 2024-01 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMRI official_url: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/6549/2794 id_number: https://doi.org/10.37859/eduteach.v5i1.6549 full_text_status: public publication: Jurnal Edukasi & Teknologi Pembelajaran volume: 05 number: 01 pagerange: 42-55 refereed: TRUE issn: 2715-9779 citation: Abdul, Khohar dan Bayujati, Prakoso dan Farida, Hariyati dan Andys, Tiara (2024) TRACER STUDY LULUSAN 2022 ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. Jurnal Edukasi & Teknologi Pembelajaran, 05 (01). pp. 42-55. ISSN 2715-9779 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/44014/1/6549-Article%20Text-21322-1-10-20240201%20%281%29.pdf