TY - JOUR TI - Literatur Review : Strategi Manajemen Kelas Untuk Mereduksi Perilaku Off - Task IS - 1 PB - LPPM Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi kelas yang efektif dalam mereduksi perilaku off-task siswa dengan menggunakan pendekatan literatur review. Dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, penelitian ini mengeksplorasi beragam metode dan teknik yang telah terbukti berhasil dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan strategi manajemen kelas yang baik dapat secara signifikan mengurangi perilaku off-task. Pengaturan lingkungan fisik yang mendukung, seperti penataan ruang kelas yang teratur dan minim gangguan, serta penetapan aturan yang jelas dan konsisten, menjadi kunci penting dalam menciptakan suasana yang fokus. Selain itu, penggunaan teknik pengelolaan kelas yang variatif, seperti pemberian feedback positif, penguatan perilaku baik, dan penggunaan teknologi secara bijaksana, terbukti efektif dalam mempertahankan perhatian siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa membangun hubungan positif antara guru dan siswa, serta penerapan motivasi intrinsik, seperti pemberian tantangan yang relevan dan pengakuan terhadap pencapaian siswa, dapat meningkatkan keterlibatan dan mengurangi perilaku off-task. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kelas yang terencana, terstruktur, dan berbasis hubungan yang positif tidak hanya meningkatkan fokus siswa tetapi juga mendukung pencapaian tujuan akademis secara keseluruhan. UR - https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/index SN - 2356-2099 EP - 73 JF - Jurnal Fokus Konseling ID - repository43964 AV - public VL - 11 SP - 65 A1 - Tri Widiastuti, Haning ER -