eprintid: 43878 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1650 dir: disk0/00/04/38/78 datestamp: 2025-04-15 00:58:09 lastmod: 2025-04-15 00:58:09 status_changed: 2025-04-15 00:58:09 type: article metadata_visibility: show creators_name: Utami, Alfida Mukti creators_name: Adelia, Ratna creators_name: Kurniawati, Irna creators_name: Damayanti, Erna creators_name: Damara, Tio Deny creators_name: Pramudiani, Puri creators_id: puri.pramudiani@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9620-5283 title: Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: ZA4450 divisions: 86206 abstract: Matematika sangat berperan penting bagi kehidupan. Dengan begitu peserta didik memerlukan pembelajaran matematika di sekolah sebagai bekal kehidupan peserta didik. Namun, permasalahan terkait rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis berdampak bagi pemahaman peserta didik dalam materi matematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menanamkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi keliling bangun datar melalui permainan Tic-Tac-Toe yang diadaptasi dari papan geoboard dengan berdasarkan pada pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Lokasi penelitian ini terletak di salah satu sekolah dasar negeri di Jakarta Timur dengan subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Tic-Tac-Toe dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah yaitu menentukan keliling bangun datar serta peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Media permainan Tic-Tac-Toe dapat dijadikan salah satu konteks dalam mengajarkan konsep keliling bangun datar kepada peserta didik sekolah dasar. date: 2024-01 official_url: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/3036 id_number: 10.31004/cendekia.v8i1.3036 full_text_status: public publication: Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika volume: 8 number: 1 pagerange: 180-188 refereed: TRUE issn: 2579-9258 citation: Utami, Alfida Mukti dan Adelia, Ratna dan Kurniawati, Irna dan Damayanti, Erna dan Damara, Tio Deny dan Pramudiani, Puri (2024) Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1). pp. 180-188. ISSN 2579-9258 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43878/1/3036-Article%20Text-17046-2-10-20240131.pdf