%0 Journal Article
%A Astuti, Nurul Huriah
%F repository:43769
%J Seroja Husada Jurnal Kesehatan Masyarakat
%T Artikel Hubungan Karakteristik Pasiendan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Unitradiologi RSAU Dr. Esnawan Antariksa Tahun 2023
%U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43769/
%X penyelenggara rumah sakit. Tingkat kepuasan pasien sangat   penting dan berhubungan erat dengan tingkat kunjungan   kembali pasien sehingga hal ini dapat digunakan sebagai   indikator terhadap kualitas pelayanan kesehatan. karakteristik   atau ciri-ciri seseorang merupakan faktor penting yang dapat   mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan data dari   humas, unit Radiologi mendapatkan tingkat kepuasan terendah   diantara unit penunjang medis yang lain artinya tingkat kepuasan   pasien masih tergolong rendah dengan pelayanan yang ada di   bagian Radiologi sebanyak 72,8% dari standar yang ditetapkan   Kepmenkes RI Nomor 129 Tahun 2008. Metodologi penelitian   yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif . Desain   penelitian yang digunakan cross sectional. Penelitian ini   mengunakan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk   mendapatkan data primer yang dibutuhkan. Hasil penelitian   terdapat 7 variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien di   unit radiologi RSAU dr. Esnawan Antariksa ( jenis kelamin   dengan nilai P value = 0,012 dan nilai PR 2,136, pekerjaan   dengan nilai P value = 0,012 dan nilai PR 2,136, dimensi   realibility dengan nilai P value = 0,001 dan nilai PR 2,770,   dimensi tangible dengan nilai P value = 0,001 dan nilai PR 3,529,   dimensi assurance dengan nilai P value = 0,007 dan nilai PR   2,289, dimensi empathy dengan nilai P value = 0,002 dan nilai PR   2,629, dan dimensi responsiveness dengan nilai P value = 0,004   dan nilai PR 2,431). Kemudian terdapat 3 variabel yang tidak   berhubungan dengan kepuasan pasien di unit radiologi RSAU dr.   Esnawan Antariksa ( umur dengan nilai P value = 0,476 dan nilai   PR 1,284, pendidikan dengan nilai P value = 0,899 dan nilai PR   1,198 dan pembayaran dengan nilai P value = 0,743 dan nilai PR   1,119. Variabel dimensi tangible adalah variabel yang paling   dominan terhadap kepuasan pasien di unit radiologi RSAU dr.   Esnawan Antariksa dengan PR 4,416, artinya variabel dimensi   tangible akan mempengaruhi kepuasan pasien di unit radiologi   4,416 lebih besar dibandingkan ketidakpuasan pasien di unit   radiologi RSAU dr. Esnawan Antariksa.