%0 Generic %A Wini Tarmini, Wini %F repository:42846 %I UHAMKA %T Membimbing Tesis sebagai Pembimbing Utama atas nama Zahidah Zulfailah dengan judulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 35 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/42846/ %X Zahidah Zulfailah. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Membaca terhadap Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 35 Jakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Pembimbing (I) Dr. Hj. Wini Tarmini, M. Hum. (II) Prof. Dr. Hj. Nani Solihati, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Rodrigues, Motivasi Membaca. Keterampilan Menulis Cerpen Penelitian berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Membaca terhadap Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 35 Jakarta Tahun Pelajaran 2024/2025” bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi membaca terhadap keterampilan menulis cerpen siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Peneliti menggunakan Teknik two-way 2 x 2 analysis of variance (ANOVA) untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini mengambil sampel 70 siswa yang tersebar di dua kelas berbeda, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen soal ini berupa soal menulis cerpen dan kuesioner motivasi membaca. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Rodrigues memiliki pengaruh terhadap ketarmpilan menulis cerpen dengan rata-rata 86, sedangkan model pembelajaran konvensional rata-rata 84. Ditunjukkan dengan nilai signifikansi (p)<0.05. Terdapat pula pengaruh motivasi membaca terhadap keterampilan menulis cerpen. Terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen untuk motivasi membaca tinggi 87 dan rendah 86. Sedangkan, nilai rata-rata pada kelas kontrol tidak mengalami perbedaan antara motivasi baca tinggi dan rendah, yaitu 84. Juga, terdapat pengrauh antara model pembelajaran Rodrigues dan konvensional serta motivasi membaca. Disebabkan karena nilai signifikansi interaksi yang diperoleh (p)<0.05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Rodrigues dan motivasi membaca terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X di SMA Negeri 35 Jakarta.