%0 Generic
%A Mayarni, Mayarni
%F repository:42604
%I Thinking Skills and Creativity Journal
%T The Effect of Problem Based Learning Model Assisted with  Poster Media on Students’ Critical Thinking Skills
%U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/42604/
%X Kurangnya kemahiran analisis siswa sekolah dasar terlihat dari kurang  terlatihnya siswa dalam menjawab soal-soal kontekstual yang  memerlukan analisis. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengevaluasi  pekerjaan siswa secara kritis terbilang terbatas. Penelitian ini bertujuan  untuk melihat dampak dari model pembelajaran PBL yang  menggunakan media poster terhadap pemahaman siswa dalam  menyampaikan pendapat pada pelajaran IPAS sekolah dasar. Riset ini  menggunakan metodelogi kuantitaif eksperimen memakai desain  nonequivalent control grup design. Populasi yang digunakan sebanyak  60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis  Rational menunjukkan bahwa persen N-Gain pada kelompok  eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain pada  kelompok kontrol, dengan persen N-Gain kelompok eksperimen sebesar  72,44% lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain kelompok  kontrol sebesar 38,61%. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang  masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Hasil uji paired sample  t-test, ditemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Riset  menujukan bahwa penggunaan PBL berbantuan media poster  memberikan umpan balik yang signifikan terkait kemampuan siswa  dalam berpikir kritis. Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya  pengaruh PBL berbantuan media poster mengenai kemampuan untuk  mengamati secara kritis siswa di pelajaran IPAS Kelas V