%0 Generic %A Mayarni, Mayarni %F repository:42604 %I Thinking Skills and Creativity Journal %T The Effect of Problem Based Learning Model Assisted with Poster Media on Students’ Critical Thinking Skills %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/42604/ %X Kurangnya kemahiran analisis siswa sekolah dasar terlihat dari kurang terlatihnya siswa dalam menjawab soal-soal kontekstual yang memerlukan analisis. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengevaluasi pekerjaan siswa secara kritis terbilang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari model pembelajaran PBL yang menggunakan media poster terhadap pemahaman siswa dalam menyampaikan pendapat pada pelajaran IPAS sekolah dasar. Riset ini menggunakan metodelogi kuantitaif eksperimen memakai desain nonequivalent control grup design. Populasi yang digunakan sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis Rational menunjukkan bahwa persen N-Gain pada kelompok eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain pada kelompok kontrol, dengan persen N-Gain kelompok eksperimen sebesar 72,44% lebih unggul dibandingkan dengan persen N-Gain kelompok kontrol sebesar 38,61%. Abstrak memaparkan secara ringkas tentang masalah, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Hasil uji paired sample t-test, ditemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Riset menujukan bahwa penggunaan PBL berbantuan media poster memberikan umpan balik yang signifikan terkait kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh PBL berbantuan media poster mengenai kemampuan untuk mengamati secara kritis siswa di pelajaran IPAS Kelas V