TY - JOUR VL - 4 TI - Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar IS - 1 Y1 - 2019/06// ID - repository4070 SN - E-ISSN : 2548-6950 (ONLINE) ISSN : 2477-2143(PRINT) AV - public A1 - Mimin, Ninawati SP - 68 PB - Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis apakah pembelajaran literasi berbasis metode conference writing mampu meningkatkan keterampilan menulis kreatif pada siswa sekolah dasar dan Untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis kreatif antara peserta didik yang diberi pembelajaran literasi berbasis metode conference writing dan yang tidak diberi pembelajaran literasi berbasis metode conference writing. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pada rancangan penelitian ini peneliti menggunakan satu kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang diawali dengan pemberian pretest pada masing-masing kelompok. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Pada akhir penelitian akan diberikan posttest kepada kedua kelompok tersebut. Pada uji normalitas dinyatakan bahwa data tidak normal sehingga diuji dengan formula Wilcoxon. Berdasarkan uji analisis hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan menulis kreatif pada siswa sebelum dan EP - 78 UR - http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1747 JF - PENDAS, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ER -