eprintid: 40517 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 4552 dir: disk0/00/04/05/17 datestamp: 2024-12-31 01:53:32 lastmod: 2024-12-31 01:53:32 status_changed: 2024-12-31 01:53:32 type: article metadata_visibility: show creators_name: Tri Widiastuti, Haning creators_id: Haningtri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada peserta didik yang berkaitan dengan konsep diri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimen model one group pre-test post-test. Berdasarkan analisis statistik didapatkan nilai sig. sebesar 0.001 untuk mendapatkan titik ‘t’ dengan taraf signifikansi 5%. df=8-1=7, t0=5,33 dan tt= 2,36. Berdasarkan hasil uji analisis membuktikan bahwa Konseling Kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsep diri peserta didik, karena konsep diri positif mampu memberikan dampak baik dalam bidang akademik maupun sosial full_text_status: public publication: G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling refereed: TRUE citation: Tri Widiastuti, Haning Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/40517/1/Jurnal%20Indy.pdf