relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/40517/ title: Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP creator: Tri Widiastuti, Haning subject: L Education description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada peserta didik yang berkaitan dengan konsep diri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimen model one group pre-test post-test. Berdasarkan analisis statistik didapatkan nilai sig. sebesar 0.001 untuk mendapatkan titik ‘t’ dengan taraf signifikansi 5%. df=8-1=7, t0=5,33 dan tt= 2,36. Berdasarkan hasil uji analisis membuktikan bahwa Konseling Kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsep diri peserta didik, karena konsep diri positif mampu memberikan dampak baik dalam bidang akademik maupun sosial type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/40517/1/Jurnal%20Indy.pdf identifier: Tri Widiastuti, Haning Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling.